Sukses

Beauty

Hormon yang Dihasilkan oleh Organ Dalam Wanita (2)

Hormon sex yang dihasilkan oleh organ dalam wanita lainnya adalah hormon progesterone. Hormon ini punya peran yang sangat penting buat Ladies lo.

Bagi Ladies yang sedang menjalani tahap kehamilan, mengetahui hormon ini akan sangat membantu dalam menjaga kondisi Ladies maupun si kecil hingga proses kelahiran.

Sekedar untuk diketahui oleh Ladies, hormon ini sebenarnya dihasilkan baik oleh wanita maupun pria. Bersama dengan estrogen, progesteron pada wanita dihasilkan oleh sepasang indung telur yang ada di dalam tubuh Ladies. Lebih tepatnya, progesterone dihasilkan oleh corpus luteum.

Bicara tentang fungsi dan peranan progesterone bagi Ladies, hormon ini memegang peranan penting dalam proses pertahanan siklus menstruasi dan menjadi acuan kesuburan Ladies. Karena fungsi utama tersebut, dalam jangka panjang, hormon ini mengatur apakah Ladies dapat mengandung ataukah tidak.

Selain itu, hormon ini berperan dalam menyiapkan dinding rahim yang nantinya menjadi tempat janin untuk melekat dan tumbuh selama 9 bulan lamanya. Ketercukupan sekresi progesterone inilah yang menentukan kekuatan janin terutama diawal masa kehamilan, utamanya terkait dengan risiko keguguran.

Sebagai tambahan, hormon ini juga sangat berkaitan dengan tingkat kesuburan Ladies. seperti yang diunkap oleh laman buzzle.com, kekurangan progesterone dapat mengantarkan pada permasalahan disfungsi ovarium dalam menghasilkan sel telur.

Defisiensi progesterone juga dapat menyebabkan meningkatnya risiko keguguran. Selain itu, wanita yang mengidap defisiensi ini akan riskan terjangkit infeksi selama proses kehamilan.

Oleh: Dwi Yonas Putranto

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading