Sukses

Beauty

Lupus adalah Penyakit dengan Resiko Peradangan Ginjal.

Ladies, sejauh ini apa saja yang sudah Anda ketahui tentang Lupus? Penyakit ini memang jarang terjadi, tetapi Lupus adalah penyakit yang tidak bisa dipandang hanya dengan sebelah mata. Kenapa?

Menurut lupus.org, penderita Lupus beresiko menderita peradangan ginjal. Jadi, Ladies perlu tahu nih, kalau gejala Lupus tak hanya ruam kulit, nyeri sendi, atau gejala yang dengan mudah tampak oleh pengamtan mata telanjang.

Peradangan ginjal yang terjadi karena Lupus dinakaman Lupus Nephritis. Nephritis berarti peradangan pada Nephron, yaitu suatu bagian pada ginjal yang berfungsi seperti filter.

Nephron menyaring darah sehingga zat-zat sisa dalam darah bisa dibuang melalui urine. Jika nephron mengalami gangguan, proses penyaringan zat sisa terganggu dan mengendap, dan zat sisa yang mengendap tersebut diedarkan kembali oleh darah ke seluruh tubuh.

Saat pengendapan zat sisa itu sudah pada tingkatan yang parah, pembengkakkan pun terjadi pada tubuh si penderita Lupus Nephritis. Istilah medis untuk itu adalah edema.

Tak berhenti sampai di situ lho, penderitaan orang dengan penyakit Lupus. Dengan penanganan medis yang kurang tepat, sehingga Lupus Nephritis tidak terdiagnosa, atau bahkan tidak mendapatkan tindakan medis, peradangan ginjal bisa berujung pada kerusakan permanen.

Kalau satu ginjal yang rusak, masih ada satu lagi ginjal yang bisa dipakai, Ladies. Tapi, tentunya kinerja satu ginjal tidak sebagus kinerja dua ginjal, karena memang manusia secara normal memiliki dua ginjal.

Lalu, kalau kerusakan permanen terjadi pada kedua ginjal, bagaimana?

Solusinya ada dua, yaitu dengan mendapatkan transplan ginjal, atau dengan secara rutin menjalani cuci darah menggunakan mesin dialysis.

Jadi, itulah resiko yang harus dihadapi oleh seorang penderita Lupus, Ladies. Sungguh sangat disayangkan, ya.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

Loading