Sukses

Beauty

Ciri Penyakit HIV Ketika Pertama Terjadinya Infeksi

Ladies, terdapat tiga tahapan infeksi HIV. Yaitu, infeksi primer, infeksi asimtomatik, dan AIDS. Di artikel ini, kita akan membahas ciri penyakit HIV ketika pertama kali terjadinya infeksi.

Menurut webmd.com, infeksi virus HIV tidak menunjukkan gejala hingga 2 atau 6 minggu kemudian. Dalam jangka waktu tersebut, virus HIV menyembunyikan diri sembari merusak sistem kekebalan tubuh.

Ciri penyakit HIV pada fase infeksi primer pun tidak begitu jelas, Ladies. Maksudnya, ciri-ciri itu juga dimiliki oleh penyakit-penyakit lain.

Seperti munculnya gejala-gejala flu. Seseorang yang mengalami kontak dengan virus HIV akan merasakan pusing, mual-mual, dan sakit tenggorokan ketika infeksi primer terjadi.

Jadi, seringkali ciri-ciri penyakit tersebut hanya dianggap sebagai gejala flu biasa.

Ciri infeksi HIV lainnya, yaitu terjadinya diare. Diare yang dialami karena infeksi HIV memiliki perbedaan yang signifikan dengan diare biasa, yaitu terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Jika biasanya diare akan sembuh setelah 3 atau 4 hari, pada penderita HIV diare bisa berlangsung selama 30 hari lebih.

Begitu juga dengan flu, Ladies. Untuk membedakan flu biasa dengan flu ciri penyakit HIV adalah dengan memperhatikan berapa lamanya flu diderita.

Kalau flu terjadi selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya si penderita menjalani tes HIV.

Selain flu dan diare, munculnya ruam kulit, nyeri sendi dan nyeri otot juga merupakan ciri penyakit HIV di fase awal infeksi.

Jadi, jangan anggap remeh penyakit yang tak kunjung sembuh ya, Ladies. Bisa jadi itu adalah gejala HIV!

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading