Sukses

Beauty

Ciri Penyakit HIV juga Merupakan Masalah Kesehatan Mulut!

Ladies, sariawan, dan masalah kesehatan mulut semacamnya sering kita anggap remeh. Tapi, Ladies tahu gak kalau ternyata masalah kesehatan bisa menjadi ciri penyakit HIV!

Seperti yang dilansir dari situs ucsf.edu, Ladies. Terdapat tiga macam masalah kesehatan mulut yang bisa menjadi tanda-tanda terjadinya infeksi HIV.

Yang pertama adalah masalah kesehatan mulut yang disebabkan oleh jamur. Nama penyakitnya adalah Candidiasis, Ladies.

Candidiasis adalah terjadinya pertumbuhan jamur Candida secara tak terkendali. Hal itu menyebabkan terbentuknya pseudomembran (membran palsu), pada jaringan mukosa mulut.

Jika pseudomembran itu dilepas menggunakan metode scrapping, akan meninggalkan luka dan bahkan pendarahan. Candidiasis juga disertai rasa terbakar, dan perih pada mulut.

Maasalah kesehatan mulut yang ke dua adalah yang disebabkan oleh virus. Herpes Simplex dan Herpes Zoster adalah dua virus yang dimaksud.

Pada mulut penderita Herpes Simplex dan Herpes Zoster, terdapat cyst, yaitu benjolan-benjolan bundar yang biasanya berisi air, dan menyebabkan rasa sakit pada mulut.

Masalah kesehatan mulut yang ke tiga adalah Infeksi Human Papillomavirus. Pada penderita HIV, infeksi Papillomavirus menyebabkan munculnya kutil pada jaringan mulut.

Sekarang Ladies tahu kan, kalau masalah kesehatan mulut, terutama yang serius seperti Herpes dan Papillomavirus, adalah indikasi bahwa sistem imunitas tubuh penderitanya juga terganggu.

Dan Ladies juga perlu tahu nih, kalau jamur Candida sebenarnya normal terdapat pada mulut. Tapi, karena sistem imunitas tubuh penderita HIV rusak, pertumbuhan jamur Candida pun tak bisa dikendalikan sehingga jumlahnya yang banyak menyebabkan Candidiasis.

Kesimpulannya, Ladies. Penderita HIV bisa menjadi sangat rentan terhadap masalah-masalah kesehatan mulut yang serius. Karena itu, masalah kesehatan mulut, seperti Candidiasis, Herpes, dan Infeksi Human Papillomavirus, bisa dijadikan indikasi adanya infeksi HIV.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading