Sukses

Beauty

Candidiasis Mulut adalah Ciri Penyakit HIV

Ladies, ada banyak ciri penyakit HIV yang disebabkan rusaknya daya tahan tubuh si penderita. Beberapa tampak seperti infeksi saluran pernafasan, dan beberapa lainnya tampak seperti infeksi jamur atau bakteri.

Kali ini, kita akan membahas ciri penyakit HIV yang berupa infeksi jamur Candida Albicans, dan spesies sejenis, seperti C. Glabrata, atau C tropicalis.

Dilansir dari laman ucsf.edu, sebenarnya Candida Albican, dan candida lainnya tidak mengancam kesehatan. Normalnya, mereka memang hidup pada jaringan mukosa di mulut manusia.

Namun, pada penderita HIV, jamur-jamur tersebut tumbuh secara berlebihan, karena kekebalan tubuh tidak mampu menekan pertumbuhan mereka.

Candidiasis ditandai dengan adanya lendir berwarna putih dengan tekstur seperti kepala susu pada mulut si penderita. Ketika jaringan lendir itu dilepas dari jaringan mukosa mulut, rasa perih dan pendarahan pun terjadi.

Istilah medis dari lendir candida itu adalah pseudomembran, yaitu membran palsu yang terdiri dari kumpulan jamur Candida.

Candidiasis juga disertai ras terbakar pada mulut, dan perubahan pada fungsi organ pengecap rasa.

Jika tidak mendapatkan penanganan medis, candidiasis bisa menginfeksi pharynx lho, Ladies.

Ada bentuk Candidiasi lainnya nih, selain pseudomembran candidiasis, yaitu erythematous Candidiasis, angular cheilitis, dan hyperplastic candidiasis.

Masing-masing merupakan ciri bahwa sistem imunitas si penderita mengalami gangguan, yang juga berarti, kemungkinan besar infeksi HIV sedang terjadi.

Erythematous Candidiasis tidak bisa diamati hanya dengan sekali lihat, Ladies. Karena, bentuknya rata, dan merah, mirip seperti struktur dan warna natural lidah dan jaringan pada mulut.

Pada angular cheilitis, infeksi jamur sudah menyebabkan sariawan, dan luka yang tampak seperti luka sayat pada bagian dalam mulut. Pasti hal ini menyakitkan, bukan?

Candidiasis yang ke tiga, adalah candidiasis hyperplastic. Candidiasis jenis ini jarang terjadi pada penderita HIV, namun mungkin terjadi.

Ciri-cirinya adalah lapisan putih yang tidak bisa lepas dari jaringan mulut tempatnya menempel. Berbeda dengan candidiasis pseudomembran, Ladies. Pada c. pseudomembran, lapisan putih masih berupa lendir dan bisa diangkat dengan metode scrapping.

Jadi, Ladies, waspadai orang yang memiliki ciri infeksi jamur pada mulut. Bisa jadi orang tersebut menderita infeksi HIV. Segera sarankan baginya untuk menjalani tes HIV.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading