Sukses

Beauty

Cara Darurat Mengatasi Sesak Nafas dengan Pernafasan Mulut

Ladies, penyakit sesak nafas ternyata dapat terjadi pada setiap orang, termasuk anak-anak, dewasa hingga orang lanjut usia. Gangguan pernapasan ini dapat terjadi tiba-tiba. Untuk itu Anda harus waspada dan tahu cara mengatasi sesak nafas jika tiba-tiba Anda terserang sesak nafas.

Dijelaskan pada situs thoracic.org, sesak napas juga dapat disebabkan oleh gangguan pada paru dan saluran nafas. Namun, dapat juga akibat kelainan jantung, darah, dan organ lainnya seperti ginjal.

Sesak nafas disebut sebagai dyspnea dalam bahasa kedokteran yang umumnya muncul secara mendadak dan membutuhkan penanganan dari dokter ahli. Perasaan sesak yang ditimbulkan adalah akibat dari rangsangan dari saraf dari otak yang berakhir di paru-paru, otot dada dan diafragma ditambah dengan sugesti penderita.

Nah, untuk mengatasi sesak nafas, Anda bisa melakukan cara darurat seperti dilansir pada situs emergencycareforyou.org, yaitu dengan pernafasan mulut. Pertama-tama bernafaslah perlahan melalui hidung untuk menghindari tertelannya udara.

Tahan nafas anda sambil menghitung satu, 1000, dua, 1000, tiga, 1000. Majukan bibir anda seperti hendak bersiul. Lalu, buang nafas pelan-pelan melalui bibir yang dimajukan sambil menghitung satu, 1000, dua, 1000, tiga, 1000, empat, 1000, lima, 1000, enam, 1000.

Tidak hanya itu, Anda harus membuat suara siul perlahan saat membuang nafas. Nafas yang dibuang melalui bibir yang dimajukan akan mengurangi kecepatan bernafas dan membantu menghilangkan udara yang lama terperangkap dalam paru-paru.

Saat melakukan pernafasan melalui mulut, tarik nafas sebelum bergerak, dan buang nafas saat aktivitas. Bila ritme cara menghitung di atas tidak tepat, temukan cara menghitung sendiri yang lebih cocok. Harus terus diperhatikan agar selalu membuang nafas lebih lama daripada saat menarik nafas.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading