Sukses

Beauty

CMV, Komplikasi Syaraf Karena Virus Penyebab AIDS

Berbagai penyakit dapat timbul akibat HIV. Virus Penyebab AIDS ini memnyerang sistem imun dalam tubuh dan membuat penderitanya rentan terhadap penyakit. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan komplikasi dalam tubuh pasien. Salah satunya adalah Cytomegalovirus atau biasa disingkat CMV.

CMV merupakan virus herpers yang sering menginfeksi orang yang sehat, namun tidak menimbulkan gejala. Namun pada orang dengan sistem imun yang lemah terutama dengan sel CD4 dibawah 50 sel per mikroliter, CMV menjadi penyakit yang serius.
Situs thebody.com menulis bahwa CMV menginfeksi otak, sumsum tulang belakang, selaput otak, atau jaringan saraf yang dapat menyebabkan masalah pada susunan saraf seperti encephalitis (radang otak), myelitis (radang sumsum tulang), retenitis (radang pada retina mata) atau polyradiculitis (radang pada susunan syaraf).

Sekitar 20 persen orang dengan jumlah sel CD4 dibawah 100 sel per mikroliter memiliki CMV yang menyerang organ lain seperti usus besar, esofagus, atau retina. Meskipun besarnya jumlah penderita AIDS yang juga menderita CMV, sebagian besar temuan ini berhasil didiagnosa justru setelah pasien meninggal dunia dan melalui hasil otopsi.

Orang dengan CMV yang disebabkan oleh HIV biasanya akan mengalami masalah seperti terus merasa bingung dan mengalami kemunduran kemampuan kognitif. CMV yang tidak diobati sering kali berakibat fatal bahkan berujung kematian dalam hitungan hari atau minggu. Obat anti CMV harus segera diberikan kepada pasien yang dicurigai menderita CMV.

Oleh: Teylita

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading