Sukses

Beauty

Jamu Tradisional untuk Mengobati Diare Akut (part I)

Ladies, semua orang bahkan Anda pasti pernah terkena diare. Biasanya tak jarang banyak orang yang menyepelekan penyakit tersebut, tapi bahanya jika tidak diobati dengan segera akan mengakibatkan terkena diare akut. Diare akut merupakan masalah yang umum ditemukan diseluruh dunia. Beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukkan data bahwa diare akut karena infeksi menempati peringkat pertama sampai dengan ke empat pasien dewasa yang datang berobat ke rumah sakit.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit diare berdasarkan mekanismenya seperti dilangsir pada situs who.int, dibedakan menjadi dua yaitu diare akibat gangguan absorbsi dan diare akibat gangguan sekresi. Menurut lamanya, diare dibedakan menjadi diare akut yang berlangsung kurang dari 14 hari, diare persisten yang berlangsung lebih dari 14 hari, dan diare kronik berlangsung lebih dari 14 hari dan berlangsung intermitten (kondisi yang ditandai dengan rasa gatal dan nyeri).

Tapi tenang saja Ladies, berikut ini ada tips membuat jamu untuk menyembuhkan diare akut seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu:

Bahan:
- Daun lempuyang besar, tiga lembar.
- Bawang merah, 1 biji.
- Bawang merah yang sudah dibakar di api, satu biji.
- Ubi lempuyang mentah, sebesar ibu jari.
- Ubi lempuyang yang sudah dibakar api, sebesar ibu jari.
- Blubuk lupa (calon buah kelapa hijau yang jatuh), sebesar kacang kedelai.

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu, diberi air sedikit lalu diperas. Tambah madu sedikit, air perasan itulah yang diminum. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat, Ladies.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading