Sukses

Beauty

Olahraga untuk Obat Penyakit Asma: Yoga

Menurut faktor penyebabnya, penyakit asma dibedakan menjadi asma akibat alergi, asma akibat keturunan serta asma akibat aktifitas fisik yang terlalu berat. Nah, jika pada umumnya inhaler menjadi satu – satunya solusi, ternyata olahraga juga bisa jadi obat penyakit asma yang ampuh dan aman.

Melangsir ulang informasi oleh blogs.nytimes.com, olahraga pernafasan, seperti yoga, merupakan satu alternatif pengobatan asma yang terbukti efektif.

Agency for Healthcare Research and Quality asal Amerika menjelaskan lebih jauh bahwa beberapa teknik yoga dapat memperbaiki kondisi saluran pernafasan penderita asma. Beberapa teknik bahkan dapat mengurangi level gejala asma yang kambuh.

Diantara berbagai teknik olahraga pernafasan yoga yang ada, penelitian tersebut menyebut Butyeko sebagai yang paling umum dilakukan untuk mengatasi asma. Instruksinya, bernafas pelan dengan hidung ketika sesak mendera.

Selain itu ada beberapa teknik yang dilakukan guna melatih otot – otot pada saluran pernafasan. Selain hanya latihan bernafas layaknya Buteyko, teknik yang satu ini menambahkan latihan menghirup udara.

Selain itu, Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2012, dalam medicinenet.com, menjelaskan lebih jauh bahwa yoga yang dilakukan selama 10 minggu secara rutin dapat memperbaiki kondisi penderita asma wanita tingkat biasa hingga sedang.

Namun yang perlu diperhatikan oleh setiap penderita penyakit asma ketika melakukan olahraga adalah konsultasi kepada dokter pribadi. Hal itu sangat penting mengingat aktifitas sekecil apapun bisa jadi memicu kambuhnya asma

Oleh : Marintan Widi Lestari

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading