Sukses

Beauty

Olahraga untuk Obat Penyakit Asma: Pilates

Olahraga menjadi kunci mutlak untuk hidup sehat bebas penyakit. Namun, alih – alih membawa efek preventif saja, fakta menyebutkan bahwa ada jenis olahraga yang justru dapat mengobati penyakit tertentu. Adalah olahraga pilates yang disebut bisa jadi obat penyakit asma yang efektif diantara jenis olahraga lainnya.

Fakta tersebut seperti yang dilangsir oleh bodyinsight.com. Asthma and Allergy Foundation of America menjelaskan bahwa meskipun penyakit asma adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, melakukan latihan pernafasan seperti pilates dapat mengurangi ketergantungan penderita terhadap inhaler serta gejala yang kambuh.

Lebih jauh dijelaskan bahwa gerakan pilates mendorong terjadinya pergerakan pada tulang rusuk yang berdampak pada pengoptimalan kerja paru – paru bekerja dalam proses pernafasan.

Fakta ini sebelumnya juga telah dibahas di tahun 1945 pada buku berjudul Pilates’ Return to Life Through Contrology oleh Chantall Donely. Penulis yang juga berprofesi sebagai penulis ini menjelaskan bahwa gerakan pilates dapat memperkuat otot – otot di bagian perut yang bertugas mendorong udara keluar. Selain itu, gerakan Swan dan Seated Spine juga dapat membentuk ruang lebih di dada untuk tempat menampung udara.

Themethodpilates.com menambahkan bahwa pilates juga meningkatkan koordinasi, fleksibilitas juga kekuatan tubuh. Selain itu seorang penderita asma juga bisa lebih fokus dan cenderung terhindar dari hal – hal penyebab kambuhnya gejala asma seperti stress.

Menemukan tempat senam pilates bukan lagi hal sulit di jaman modern ini. Selain sangat baik untuk membentuk postur tubuh, penyakit asma pun reda.

Oleh : Marintan Widi Lestari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading