Sukses

Beauty

Obat Penyakit Asma Herbal: Kopi

Siapa yang tidak suka minum secangkir kopi? Beberapa orang merasa kurang lengkap mengawali hari tanpa mengaduk minuman hitam beraroma penuh kenikmatan ini. Selain lezat, kandungan kafein menjadi salah satu sumber semangat penikmat kopi. Namun ternyata kopi bisa dijadikan obat penyakit asma juga lho.

Menyalir livestrong.com, penyakit asma pada umumnya menyerang setiap orang dengan organ pernafasan lebih sensitive dari kebanyakan. Apabila allergen atau faktor penyebab asma menyerang, organ pernafasan penderita akan memproduksi lendir dan meradang. Akibatnya, saluran pernafasan menyempit dan terjadilah sesak nafas.

Meskipun diklaim sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan, ilmu pengetahuan berhasil menemukan perawatan yang membuat hidup penderita asma lebih mudah.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi obat Theophylline. Lalu, apakah hubungan Theophylline pereda asma dan kopi?

Mengutip nytimes.com, kafein yang terkandung dalam kopi memiliki struktur kimia menyerupai Theophylline. Berawal dari situlah para ilmuwan mencari tahu efek kopi terhadap penyakit asma.

Sebuah penelitian di 2007 oleh Cochrane Database of Systematic Reviews menemukan bahwa kopi terbukti memperbaiki fungsi saluran pernafasan hingga 4 jam. Dengan kata lain, segelas kopi dapat meredakan serangan penyakit asma untuk sesaat.

Meski begitu pengaruh kafein terhadap saluran pernafasan penderita asma sangat kecil. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk serta merta mengganti obat – obatan medis yang biasa dikonsumsi dengan hanya minum kopi setiap hari.

Oleh : Marintan Widi Lestari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading