Sukses

Beauty

Pola Makan Bagi Penderita Penyakit Gula

Ladies, terdapat tiga hal untama yang patut diperhatikan pola makan seorang yang memiliki diabetes, yaitu apa yang dimakan, seberapa banyak makanan, dan kapan waktu makan. Jika tiga hal tersebut telah dikontrol secara benar, seseorang pasti dapat mengontrol kadar gula dala darahnya.

Dilansir oleh medicalnewstoday.com, pola makan yang sehat tak berarti melarang kita memakan makanan yang kita suka apalagi sampai kelaparan. Mengkonsumsi makanan yang disukai bisa saja, asalkan asupan karbohidrat, lemak, dan protein harus tetap diwaspadai jumlahnya.

Tubuh memerlukan karbohidrat. Karbohidrat banyak ditemukan dalam buah, sayur, yoghurt, permen, pasta, dan roti. Saat dikonsumsi, karbohidrat akan berubah menjadi glukosa. Glukosa sangat diperlukan sel untuk tumbuh. Jika konsumsi karbohidrat sama jumlahnya pada setiap kali makan dengan jam yang sama, kadar gula dapat terkontrol.

Sangat penting untuk tidak meninggalkan waktu makan meskipun kadar gula sedang tinggi. Jika pada waktu makan tidak makan, kadar gula justru dapat berfluktuasi lebih tinggi lagi. Tentunya tidak mau hal ini terjadi, bukan? Jika konsumsi glukosa setiap harinya pasti jumlah dan waktunya, hal ini juga mempermudah seseorang untuk menyeimbangkan asupan obat dan kegiatan olah raga.

Untuk mengatasi kebosanan nafsu makan, perbanyaklah variasi makanan. Karbohidrat dapat diperoleh dari biji-bijian, buah, dan sayuran. Khusus untuk biji-bijian, cara memasak pun juga harus diperhatikan karena cara memasak dapat mengurangi kadar karbohidrat.

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading