Sukses

Beauty

Perlunya Mengenal Insulin Bagi Penderita Penyakit Gula

Ladies, perlu sekali bagi kita untuk mengenal insulin. Apalagi, perkembangan diabetes tidak mengenal usia. Sebagai orang Asia yang beresiko lebih tinggi terkena insulin, sebaiknya kita waspada. Saat membaca artikel mengenai penyakit gula, pasti banyak ditemukan kata “insulin”. Sebenarnya apa sih insulin itu? Mengapa begitu penting bagi tubuh?

Dilansir oleh medicalnewstoday.com, insulin merupakan suatu hormon. Terdapat amino acids 51 didalam molekul insulin. Insulin diproduksi di dalam pankreas. Kata insulin berasal dari bahasa latin insula yang berarti “island”.

Hormon ini membuat sel-sel dalam tubuh menyerap glukosa dari darah. Kemudian, glukosa disimpan ke hati dan otot sebagai glikogen. Hal ini menghambat tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Insulin sangat penting bagi metabolisme dan pemanfaatan energi dari nutrisi terutama glukosa.

Berikut beberapa fungsi dari insulin:

- Insulin menyebabkan sel dalam hati dan otot mengambil glukosa dari dalam darah dan mengubahnya menjadi glikogen yang kemudian disimpan dalam hati dan otot.

- Insulin menghalangi penggunaan lemak sebagai sumber energi.

- Insulin mengontrol sistem dalam tubuh dan mengatur amino acid yang diambil oleh sel tubuh.

- Insulin memiliki efek anabolik dalam tubuh.

Jika insulin dalam tubuh hanya sedikit, atau bahkan tak ada sama sekali, glukosa tak dapat diserap dengan sempurna. Sebagai akibatnya, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Hal ini mendorong penyakit diabetes militus.

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading