Sukses

Beauty

Penyakit Darah Tinggi Pulmonari

Ladies, adanya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit darah tinggi bisa terjadi pada bagian tubuh tertentu. Misalnya saja pada paru- paru yang biasa disebut dengan istilah hipertensi pulmonari. Nah Ladies, ketahui lebih lanjut yuk tentang penyakit tersebut.

Hipertensi pulmonari terjadi karena pembuluh darah yang mengalirkan darah sekitar paru-paru mengalami penyempitan seperti yang dijelaskan kembali pada laman my.clevelandclinic.org. Sehingga aliran darah jadi terhambat dan darah menekan dinding pembuluh yang membawanya.

Tekanan darah tinggi yang tidak normal tadi Ladies membuat bilik kanan jantung Anda menjadi melebar dan otot jantung menjadi lemah sehingga kehilangan kemampuannya untuk memompa darah ke paru- paru.

Penyakit darah tinggi pulmonari menyerang bahkan tidak mengenal gender dan usia. Orang dewasa, anak- anak, laki- lali, dan perempuan. Apalagi Anda dua kali lebih berisiko terhadap penyakit darah tinggi dari pada pasangan Anda.

Sedangkan penyebab dari hipertensi pulmonari meliputi penyakit liver, reumatik, kondisi paru- paru, penyakit jantung, kurangnya oksigen, dan genetic predisposition.

Adanya penyakit hipertensi pulmonari dapat diketahui dari gejala utama dengan sulitnya nafas yang terlalu cepat padahal Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat. Ya Ladies, karena keadaan paru- paru Anda yang tidak dapat bekerja dengan baik membuat nafas terengah- engah seolah- olah habis berlari naik turun tangga. Sementara gejala lain yang juga sering muncul meliputi kepala pening dan kelelahan.

Oleh : Alvi Rizana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading