Sukses

Beauty

Sinar Matahari Penyebab Penyakit Lupus ( Bagian 2 )

Ladies, bagi Anda yang sering berada diluar dan sering terkena terik matahari sebaiknya berhati-hati ya, mengapa? Karena tahukah Anda? Ternyata, cahaya matahari dapat sebagai penyebab penyakit lupus lho ladies, bagaimana bisa cahaya matahari dapat menyebabkan penyakit lupus?

Melangsir dari everydayhealth.com, terlalu sering terkena cahaya matahari dapat mempengaruhi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Salah satu fungsi dari sistem kekebalan tubuh yang normal adalah untuk membuang atau menyingkirkan sel-sel yang mati, tua, ataupun sel-sel yang rusak.

Proses kematian sel-sel yang normal disebut dengan apoptosis. Dalam penelitian ditemukan bahwa ketika kulit Anda terlalu banyak terkena sinar ultraviolet secara langsung dapat menyebabkan sel-sel kulit banyak yang mati atau rusak.

Ladies, pada penderita lupus, proses apoptosis menjadi lambat dan menghadirkan cabang sel-sel kulit mati akan menghasilkan respon inflamasi di kulit yang dapat menjadi ruap penyakit lupus.

Terlalu banyak terkena sering sinar matahari dapat menyebabkan kematian sel kulit yang banyak bahkan pada penderita lupus dapat memicu sistem kekebalan tubuh cukup yang menyebabkan peradangan tidak hanya di kulit tetapi juga pada sendi, otot, bahkan hingga organ intenal.

Karena itu penting bagi Anda untuk menghindari sinar matahari yang terlalu sering ataupun lama. Jika anda keluar pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan SPF ( Sun Protection Factor ). Kenakan pakaian pelindung dapat mengurangi cahaya yang mengenai kulit.

Oleh: M. S. Rizal

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

What's On Fimela
Loading