Sukses

Beauty

Sinar Matahari Penyebab Penyakit Lupus ( Bagian 1 )

Ladies, tahukah Anda mengetahui tentang penyakit lupus? Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi, tapi, tahukah Anda cahaya matahari merupakan salah satu penyebab penyakit lupus? Bagaiman bisa cahaya matahari dapat menyebabkan peenyakit lupus?

Melangsir dari www.everydayhealth.com, cahaya matahari dapat menyebabkan penyakit lupus. Setiap orang yang memiliki tingkat kesensititif terhadap matahari atau biasa dikenal dengan fotosensitifity.

Ladies, ruam kulit yang bisa terlihat seperti muncul di atas hidung dan pipi. Ruam ini bisa berbentuk sisik pada setiap daerah yang terkena sinar matahari pada tubuh. Diketahui ruam yang muncul dipicu oleh sinar matahari dalam 50 sampai 75 persen orang.

Fotosensitifitas merupakan gejala umum dari lupus erimtematosus, secara umum cahaya ultraviolet terbagi menjadi tiga yaitu UVA, UVB, dan UVC. Lupus terjadi karena sinar UVA dan UVB.

Ladies, terlalu banyak paparan sinar matahari dapat meningkatkan aktivitas penyakit lupus sehingga dapat memperparah penyakit lupus.

Meskipun para ahli tidak penyebab pasti penyakit lupus, namun, para peneliti telah yakin sebagian besar disebabkan oleh faktor genetika dan sebagian disebabkan oleh faktor lingkungan yang merangsang keabnormalan sel.

Pada penyakit lupus, sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih reaktif terhadap sel-sel dan jaringan pada tubuh Anda. Hal itulah yang disebut sebagai penyakit autoimun. Saat itulah dapat memicu munculnya gejala lupus.

Selain memicu gejala munculnya lupus, paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab utama faktor lingkungan dari penyakit lupus.

Oleh: M. S. Rizal

 

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

What's On Fimela
Loading