Sukses

Beauty

Stadium Penyakit Sistem Reproduksi Kanker Rahim

Untuk kebanyakan kanker, biasnya ada level atau stadium yang membedakan seberapa parah sel kanker yang menyebar pada bagian tubuh tertentu, tidak terkecuali dnegan kanker rahim. Untuk level penyakit sistem reproduksi kanker rahim, berikut ini bahasannya Ladies.

Dikutip dari www.medicinenet.com, ada beberapa stadium pada kanker rahim, yaitu

1. Stadium 0: Sel-sel yang abnormal hanya ditemukan pada permukaan lapisan dalam rahim. Dokter biasa menyebutnya dengan karsinoma in situ. Pengertian karsinoma in situ (CIS) sendiri adalah bentuk awal dari kanker yang didefinisikan dengan tidak adanya invasi sel tumor ke jaringan sekitarnya.

2. Stadium I: Tumor telah berkembang melalui lapisan dalam rahim endometrium. Ini mungkin telah menginvasi miometrium. Untuk stadium 1, kanker ditemukan di rahim saja. Tahap I dibagi menjadi tahap IA dan IB, berdasarkan seberapa jauh kanker telah menyebar.

3. Stadium II: Tumor telah menyerang leher rahim (serviks) namun tidak sampai ke luar rahim.

4. Stadium III: Tumor telah berkembang melalui rahim untuk mencapai jaringan di sekitarnya, seperti vagina atau kelenjar getah bening. Pada stadium III, kanker telah menyebar ke luar rahim dan leher rahim, namun belum menyebar ke luar panggul. Tahap III dibagi menjadi tahap IIIA, IIIB, dan IIIC, berdasarkan seberapa jauh kanker telah menyebar di dalam panggul.

5. Stadium IV: Tumor telah menyerang kandung kemih atau usus. Atau, sel-sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh jauh dari rahim, seperti hati, paru-paru, atau tulang. Stadium IV dibagi menjadi tahap IVA dan IVB. Stadium IVA: kanker telah menyebar ke kandung kemih dan/atau dinding usus. Sedangkan IVB: kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh ke luar panggul, termasuk perut dan/atau kelenjar getah bening di selangkangan.

Oleh : Anindya Febi

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading