Sukses

Beauty

Yuk, Deteksi Gejala Penyakit HIV pada Tahapan Awal!

Human Immunodeficiency Virus, atau biasa dikenal dengan penyakit HIV, adalah penyakit yang disebabkan oleh retrovirus. Virus penyakit HIV ini bekerja untuk menginfeksi organ vital sistem kekebalan tubuh manusia, seperti CD4 + sel T, macrophages dan sel dendritik. Sesuai dengan langsiran dari laman aids.gov, gejala penyakit HIV ini bervariasi, tergantung pada masing-masing individu dan tahapan penyakit yang mereka masuki, ladies.

Gejala penyakit HIV pada tahapan awal biasanya dimulai dengan munculnya penyakit menyerupai flu. Yap. Dalam waktu 2 sampai 4 minggu setelah virus HIV menginfeksi tubuh, sebagian besar penderita HIV, meski tidak semua, mengalami gejala mirip flu. Flu yang merupakan gejala penyakit HIV pada tahapan awal ini seringkali digambarkan sebagai "flu terburuk yang pernah dialami" oleh sebagian besar penderita.

Gejala mirip flu pada tahapan awal HIV ini disebut Acute Retroviral Syndrome (ARS) atau dikenal dengan infeksi HIV primer. Infeksi HIV primer ini merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi virus HIV. Gejala menyerupai flu ini biasanya berupa:

- Demam
- Pembengkakan kelenjar
- Sakit tenggorokan
- Nyeri otot dan nyeri sendi
- Sakit kepala

Gejala-gejala ini dapat berlangsung dalam rentangan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu. Meski demikian, Anda tidak harus mengasumsikan bahwa Anda mengidap penyakit HIV jika Anda memiliki gejala-gejala ini, karena masing-masing gejala ini dapat disebabkan oleh penyakit lain.


Oleh : Maulisa

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading