Sukses

Beauty

Ciri Kanker Serviks – Ciri Kanker Serviks Dicegah Dengan Vaksinasi

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Human papillomavirus (HPV) memainkan peran akan timbulnya banyak kasus kanker serviks. Masyarakat luas membutuhkan pengenalan terhadap kanker jenis ini karena kanker ini termasuk dalam kategori kanker ganas yang merenggut banyak wanita.

Ketika terkena HPV, sistem imun tubuh biasanya mencegah virus tersebut berkembang di dalam tubuh. Pada kasus kanker serviks, virus HPV bertahan hidup di dalam tubuh selama bertahun-tahun dan mengubah beberapa sel pada permukaan leher rahim menjadi sel kanker. Kanker serviks biasanya terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 30 tahun.

Namun, menurut yang dilansir di laman mayoclinic.org, ada cara pencegahan kanker ini salah satunya dengan memberikan vaksinasi kanker serviks pada wanita. Mungkin banyak yang tak mengetahui bahwa vaksinasi tidak hanya dibutuhkan pada masa kanak-kanak saja, karena ada beberapa vaksin yang dibutuhkan remaja atau usia menginjak dewasa.

Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin ini adalah pada usia remaja atau usia yang belum terjadinya kontak seksual. Menurut penelitian, saat pertama kali berhubungan seksual hingga berusia 20 atau 24 tahun adalah masa di mana wanita sangat rentan terkena infeksi yang merupakan penyebab dari kanker serviks.

Adapun vaksin pencegah kanker serviks terdiri dari dua macam yakni vaksin Gardasil dan Cervarix yang dapat mencegah dari serangan virus HVP tipe 16 dan 18. Tingkat keberhasilan pencegahan kanker serviks menggunakana vaksin ini adalah 80 hingga 95 persen. Kedua vaksin ini bertugas untuk melatih kekebalan tubuh dengan mengenali sel asing kemudian menyerangnya.

Oleh: Dewi Gita P

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading