Sukses

Beauty

Srikaya, Memang Buah Yang Kaya

Ladies, kembali lagi dengan pembahasan tentang buah-buahan. Siapa yang tidak suka dengan buah? Pasti hampir semua orang tidak ada yang tidak menyukai buah. Bagaimana dengan srikaya? Masih bingung antara ya atau tidak?

Hampir semua Ladies pasti sudah mengenal apa itu buah srikaya, tapi mari membahas sekilas tentang buah yang satu ini serta apa saja manfaat buah yang berbentuk mirip kericut cemara ini. Dilansir dari situs id.wikipedia.org, srikaya atau buah nona yang mempunyai nama latin Annona squamosal dan sering disebut custard apple atau sugar apple oleh para pelaut Inggris.

Buah ini merupakan tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah buahnya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak) dan memiliki daging buahnya berwarna putih.

Srikaya, seperti namanya buah ini memang kaya akan manfaat seperti yang dilansir dari situs manfaatbuahdaun.blogspot.com, yaitu sebagai berikut:

1. Daun
Daun srikaya bisa digunakan untuk mengobati rematik, batuk, demam, diare, cacingan, disentri, menghilangkan kutu pada kepala, menyembuhkan borok, luka, bisul atau abses, scabies, eksema, dan kudis.

2. Buah
Ternyata buahnya yang masih muda pun bermanfaat karena mengandung tannin yang bisa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, dan disentri yang sudah akut.

3. Biji
Biji buah srikaya bisa membantu untuk memacu enzim pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan bisa untuk insektisida ( pembunuh serangga).

4. Akar
Dalam akarnya banyak terdapat kandungan yang dapat bermanfaat untuk Anda, seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, terpene, saponin, polifenal, dan tannin. Memiliki manfaat sebagai obat anti radang, anti depresi, mengatasi sembelit, nyeri tulang pada punggung, dan disentri akut.

5. Kulit kayu
Bahkan kulit kayunya bisa dipakai untuk mengobati disentri, diare, dan luka berdarah karena kulit kayu nya memiliki kandungan senyawa seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, dan terpene.

Selain itu manfaat buah srikaya juga bisa dipakai untuk kecantikan sebab buah ini memiliki kandungan vitamin C sebagai anti oksidan yang membantu melawan serangan radikal bebas.

Pembahasan di atas merupakan penjelasan singkat tentang si srikaya buah yang berbentuk seperti kerucut cemara. Ternyata namanya memang bukan hanya sekedar nama karena buah ini memang kaya akan manfaat.

Oleh: Bunga

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading