Sukses

Beauty

Buah Kepel Sebagai Deodoran Alami

Pernahkah Anda melihat buah kepel? Buah ini merupakan salah satu buah yang dibanggakan di keraton-keraton yang ada di Jawa, tapi sayangnya, buah ini mulai jarang ditemui. Adahal, baik daun dan buahnya memiliki banyak manfaat. Daun buah kepel berfungsi untuk menurunkan kolesterol, sedangkan buah kepel ternyata memiliki fungsi sebagai deodoran alami.

Daging buah kepel tak banyak, dengan rasa yang segar dan manis. Sebagian besar isi dari buah kepel adalah biji, sehingga banyak yang tertarik untuk membudidayakannya. Buah kepel beraroma harum, dan uniknya, bila seseorang memakannya, keringatnya pun akan harum. Buah inilah yang dulu sering dimakan oleh putrid-putri keraton. Keringat, napas dan air seni mereka pun berbau harum setelah makan buah ini. Inilah yang membuat buah kepel begitu istimewa.

Untuk kulit, buah kepel juga memiliki banyak manfaat. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini dapat menjaga kecantikan kulit. Vitamin C dalam kepel berfungsi penting untuk mencerahkan kulit dan memicu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sangat penting untuk menjaga kekencangan kulit, agar terhindar dari munculnya keriput.

Vitamin C juga penting sebagai zat antioksidan yang melawan kanker. Masyarakat Jawa percaya, bila ibu hamil memakan buah kepel ini, mereka akan melahirkan anak dengan kulit yang bersih dan cantik. Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin C-nya.

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading