Sukses

Beauty

10 Cara Mengatasi Ketombe dalam Semalam

Keindahan rambut mutlak menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi bagi yang gemar mengaplikasikan beragam gaya rambut. Tentu harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatannya. Salah satu masalah yang kerap muncul jika mengabaikan kebersihan rambut adalah rambut berketombe. Apalagi saat serpihan kecil berwarna putih yang bertebaran di kulit kepala tersebut mengganggu penampilanmu. Tidak perlu khawatir, karena ada 10 tips menghilangkan ketombe yang praktis dan aman untuk diaplikasikan.

Hilangkan Ketombe dengan Mencuci Rambut Secara Rutin

Agar kulit kepala tetap terjaga kebersihannya, jangan malas untuk berkeramas secara rutin. Waktu yang tepat adalah setiap dua hari sekali. Gunakan shampo dengan kandungan bahan yang tidak keras. Selain itu, bilas hingga bersih agar tidak ada sisa sabun yang menjadi penyebab ketombe.

Gunakan Sampo Anti Ketombe

Bagi yang memilih untuk mengaplikasikan shampo anti ketombe¸ jangan langsung membilas rambut. Agar formula di dalamnya bekerja secara ampuh dalam mengatasi ketombe, diamkan selama 5 menit. Jangan lupa pula untuk memijatnya dengan lembut saat memulaskan pada kulit kepala. Cara tersebut akan membuat kandungan bahan di dalam shampo anti ketombe lebih meresap ke dalam kulit kepala.

Menyisir Rambut Setelah Berkeramas

Salah satu cara mengatasi ketombe yang mudah adalah dengan menyisir rambut setiap selesai berkeramas. Namun, pastikan jika rambut sudah dalam keadaan kering agar tidak menyebabkan rambut rontok. Treatment ini berfungsi untuk melancarkan produksi minyak natural pada sel kulit kepala, sehingga lebih lembap dan terhindar dari masalah ketombe.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengatasi ketombe tidak hanya dilakukan dengan menggunakan shampo anti ketombe terbaik. Bisa juga menyiasatinya dengan mengatur asupan makanan. Akan lebih baik jika memperbanyak santapan yang mengandung zinc dan vitamin B6. Bahan tersebut rupanya mampu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut dari segala kerusakan.

Baca juga: Daftar Makanan yang Dapat Menghilangkan Ketombe

Memulaskan Baby Oil

Produk untuk bayi juga bisa membantumu dalam mengatasi masalah ketombe. Salah satunya adalah baby oil. Memulaskannya secara rutin sebelum tidur pada kulit kepala ternyata dapat meningkatkan kelembapan sel kulit. Tentu saja kondisi tersebut membuat ketombe enggan menempel. Namun, jangan lupa untuk keramas hingga bersih agar tidak ada sisa minyak penyebab ketombe.

Ramuan Baking Soda

Ingin mencoba cara yang lebih praktis? Bilas saja rambutmu menggunakan campuran air dan baking soda. Diamkan selama satu menit sebelum membilasnya hingga bersih. Treatment tersebut rupanya meningkatkan produksi minyak alami pada sel kulit kepala. Sehingga menjadikan kulit lebih lembap serta mengusir ketombe membandel dalam waktu singkat.

Mengaplikasikan Masker Yoghurt

Menghilangkan ketombe secara alami juga bisa memanfaatkan yoghurt. Dairy product satu ini ampuh dalam melembapkan dan menutrisi kulit kepala. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya dengan mengaplikasikan yoghurt pada rambut dan kulit kepala selama beberapa menit. Selanjutnya bilas hingga bersih agar tidak ada kotoran tertinggal penyebab ketombe.

Baca juga: Manfaat Yoghurt Untuk Menghilangkan Ketombe di Rambut

Menjaga Kebersihan Aksesoris Rambut

Salah satu penyebab ketombe yang jarang disadari adalah kebersihan aksesoris rambut, misalnya saja topi, kerudung atau pun bandana. Kotoran atau bakteri yang menempel pada benda-benda tersebut dapat berpindah dan menempel pada scalp. Tidak heran jika kulit kepalamu menjadi kering dan akhirnya menyebabkan ketombe. Maka dari itu, selalu cuci secara berkala semua aksesorimu.

Baca juga: Cek Sisir Yuk, Rambut Sehat Berawal Darinya

Bilas dengan Mouthwash

Mengatasi ketombe juga bisa dilakukan dengan menggunakan ketombe. Caranya cukup dengan mencampurkan satu cup mouthwash non-alcohol dengan sembilan cup air bersih. Gunakan ramuan tersebut untuk membilas kepala. Kandungan bahan anti-bakteri di dalamnya akan membasmi kotoran dan debu penyebab ketombe dengan tuntas.

Gunakan Sampo Aspirin

Tidak ada salahnya untuk mencampurkan shampo anti ketombe dengan aspirin yang sudah dihaluskan. Kombinasi keduanya akan bekerja dengan ampuh untuk menghilangkan ketombe. Kandungan salicylic acid-nya yang berfungsi mengusir ketombe pada kulit kepala. Sehingga rambut akan terbebas dari masalah ketombe.

Rambut berketombe memang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Selain menggunakan shampo khusus ketombe, tidak ada salahnya untuk melengkapi perawatan dengan menerapkan beberapa cara di atas. Dijamin, tidak akan ada lagi ketombe yang menempel pada kulit kepala.

(vem/kki/k/kki/a)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading