Sukses

Beauty

25 Cara Menghilangkan Bau Kaki secara Alami dengan Cepat

Ketika kita memakai sepatu tertutup dalam waktu yang lama, lalu timbul adanya bau kaki, itu adalah hal yang biasa terjadi. Saat kita sedang memakai sepatu tidak akan tercium baunya, tapi saat kita melepas sepatu, barulah kita tahu ternyata kaki kita bau. Tidak apa-apa saat membuka sepatu di rumah sendiri. Tapi jika di tempat umum, orang-orang di sekitar Anda pasti menganggap bahwa Anda adalah orang yang jorok karena bau kaki Anda yang menyengat hidung.

Sungguh memalukan rasanya saat orang-orang di sekitar Anda, menilai Anda sebagai orang jorok karena bau kaki yang menyengat. Memang siapapun juga bisa saja mengalami bau pada kakinya. Sebenarnya apa sih penyebab bau kaki?

Penyebab bau kaki :

  1. Perubahan hormon yang menyebabkan produksi keringat naik. Biasanya terjadi pada remaja.
  2. Kurang menjaga kebersihan baik kebersihan kaki, kaos kaki, dan sepatu.
  3. Kondisi khusus, hyperhidrosis, di mana biasanya seseorang berkeringat lebih banyak dibandingkan orang-orang pada umumnya.
  4. Menggunakan sepatu yang sama setiap hari tanpa menjemur dan membersihkan kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu.
  5. Stress berlebihan

Sebaiknya Anda segera menemukan cara untuk menghilangkan bau kaki Anda, jika Anda memiliki bau kaki yang menyengat, agar Anda bisa tampil dengan percaya diri dan juga bau kaki Anda yang menyengat tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar anda. Langkah cara menghilangkan bau kaki menyengat secara alami dan cepat kami berikan di bawah ini.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan merendam kaki menggunakan :

 

1. Garam

Cara menghilangkan bau kaki dengan garam memang telah lama diketahui orang. Fungsi Garam adalah untuk mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Caranya pun mudah:

  1. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat
  2. Lalu rendam kaki selama 20 menit.
  3. Lakukan setiap hari.

 

2. Cuka

Cuka memiliki kadar asam yang tinggi karena itu juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki.

Caranya adalah:

  1. Campur gelas cuka dengan 1 baskom air.
  2. Lalu rendam kaki selama 15 menit.

 

3. Obat kumur

Kedengarannya aneh menggunakan obat kumur sebagai cara menghilangkan bau kaki. Sebabnya adalah karena obat kumur memang digunakan untuk membasmi bakteri. Karena itulah obat kumur bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki.

Caranya:

  1. Cukup dengan mencampurkan botol obat kumur kemasan 250 ml dengan 1 baskom air.
  2. Kemudian rendam kaki selama 15 menit.

 

4. Baking soda

Baking soda atau soda kue telah terbukti dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri. Baking soda juga sering digunakan sebagai perawatan kecantikan dan lain-lainnya. Sebab itu, baking soda juga ampuh untuk membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Caranya adalah:

  1. Campurkan gelas baking soda dengan air 1 baskom.
  2. Tunggu hingga baking soda larut.
  3. Kemudian rendam kaki selama menit.
  4. Setelah selesai bilas dengan handuk bersih.

 

5. Lemon

Lemon selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang baik dan berguna bagi kesehatan tubuh. Lemon juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh karena di dalam lemon terdapat kandungan anti-bakterial yang mampu membasmi bakteri penyebab bau pada kaki Anda.

Caranya mudah:

  1. Anda perlu memeras 6 buah lemon.
  2. Kemudian campurkan dengan 1 baskom air hangat.
  3. Rendam kaki selama 15 menit agar bakteri penyebab bau kaki mati.

 

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan membersihkan kaki menggunakan:

 

1. Sabun anti-bakteri

Sabun anti-bakteri memang khusus dibuat untuk membasmi bakteri penyebab masalah kesehatan pada kulit seperti bau kaki.

Caranya:

  1. Anda perlu untuk rajin membersihkan kaki Anda menggunakan sabun anti-bakteri setiap hari sebanyak dua kali sehari.
  2. Bersihkanlah dengan sungguh-sunggu hingga ke sela-sela jari kaki Anda.

 

2. Sabun mint

Mint adalah bahan yang biasa digunakan untuk menyegarkan mulut. Sepertinya memang aneh kalau digunakan pada kaki. Tapi ternyata dengan rutin mencuci kaki menggunakan sabun mint, maka bau kaki akan hilang dengan sendirinya.

 

3. Deodoran

Selama ini kita terbiasa untuk menggunakan deodoran pada ketiak. Manfaatnya sebagai penghilang bau ketiak, maka deodoran ini juga bisa digunakan pada kaki sebagai cara menghilangkan bau kaki. Lakukanlah dengan rutin dan rajin menggunakan deodoran setiap kali Anda hendak menggunakan sepatu.

 

4. Antiperspirant

Ada perbedaan antara deodoran dan antiperspirant. Deodoran hanya digunakan untuk menghilangkan atau mencegah bau badan saja, sedangkan antiperspirants digunakan sebagai pembasmi bakteri penyebab bau badan dan juga untuk mengendalikan pengeluaran keringat. Cara menggunakannya sama dengan deodoran, gunakanlah setiap kali hendak memakai sepatu.

 

5. Spray penghilang bau kaki

Spray adalah cairan yang disemprotkan untuk menghilangkan bau kaki. Semprotkan secara rutin agar bau kaki Anda segera hilang.

 

6. Kopi

Kopi biasanya dikonsumsi sebagai minuman penghilang rasa kantuk. Namun selain itu, kopi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang efektif.

Caranya:

  1. Campur kopi dengan air sedikit demi sedikit, aduk hingga berbentuk pasta.
  2. Kemudian balurkan pada kaki Anda.
  3. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

 

7. Teh

Teh terkenal sebagai minuman dengan bermacam khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat-zat yang terkandung dalam teh berguna sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Oleh sebab itu teh juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang efektif.

Caranya adalah:

  1. Seduh daun teh dengan air panas, tunggu hingga menjadi hangat.
  2. Basuh kaki Anda dengan air teh hangat tersebut.
  3. Lakukan 2 kali sehari.

 

8. Tepung maizena

Selain berguna sebagai bahan pembuat kue, tepung maizena dapat juga digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh.

Caranya pun sangat mudah:

Bubuhkan tepung maizena pada kaki sama seperti ketika Anda menggunakan bedak kulit.

 

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung kadar asam dan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini berguna sebagai anti-bakterial yang kuat dan efektif.

Caranya:

  1. Potong 1 buah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
  2. Oleskan jeruk nipis yang telah dibelah pada kaki Anda secara merata.
  3. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan memperhatikan kebersihan

 

10. Bersihkan kulit mati di kaki secara rutin

Kulit mati yang mengendap dan tidak dibersihkan dari kaki nantinya akan menjadi sarang bakteri penyebab bau kaki. Karena itu rajinlah membersihkan kulit mati di kaki Anda setiap hari. Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan scrub.

 

11. Potong kuku kaki

Kuku kaki yang tidak terawat(panjang, kotor) akan menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau kaki. Sebab itu rajinlah memotong kuku kaki Anda agar bakteri tidak dapat bersarang lagi. Bersihkan pula pinggir-pinggir kuku kaki.

 

12. Cuci kaos kaki dengan bersih

Kaos kaki digunakan setiap kali kita hendak menggunakan sepatu yang tertutup. Kondisi yang tertutup, lembap, dan sirkulasi udara yang kurang membuat kaos kaki menjadi sarang bakteri yang akan menyuburkan perkembangbiakkan bakteri penyebab bau kaki. Karena itu rajinlah mencuci kaos kaki dengan benar-benar bersih.

 

13. Teratur mengganti kaos kaki

Gantilah kaos kaki setiap hari atau jika memungkinkan gantilah dua kali dalam sehari, agar kaos kaki tidak menjadi sarang bakteri., karena kaos kaki digunakan pada sepatu yang tertutup, lembap, dan sirkulasi udara yang kurang.

 

14. Menggunakan kaos kaki berbahan katun

Kaos kaki yang terbuat dari bahan katun mampu menyerap keringat dengan sempurna. Sehingga keringat yang keluar tidak akan menempel pada kaki Anda dan membuat kaki Anda menjadi bau.

 

15. Masukkan arang dalam sepatu

Arang mampu menyerap bau tidak enak pada sepatu Anda. Memasukkan arang dalam sepatu adalah cara menghilangkan bau kaki yang ampuh. Masukkan arang pada sepatu Anda tiap kali selesai menggunakan sepatu dan biarkan semalaman.

 

16. Taburi sepatu dengan baking soda

Ternyata baking soda juga berguna untuk menyerap bau pada sepatu Anda dan juga menghilangkan bakteri penyebab bau kaki yang bersarang pada sepatu.

Caranya:

  1. Taburkan baking soda ke dalam sepatu.
  2. Goyangkan sepatu agar bubuk soda merata.
  3. Diamkan semalaman.
  4. Lakukan setiap hari.

 

17. Cuci sepatu seminggu sekali

Cucilah sepatu Anda setidaknya seminggu sekali. Tujuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang bersarang di sepatu Anda. Lebih baik lagi jika Anda mencucinya 2 kali dalam seminggu.

 

18. Menjemur sepatu di bawah sinar matahari

Jemurlah sepatu Anda di bawah sinar matahari, setelah menggunakannya. Supaya kuman dan bakteri tidak terus bertumbuh. Dengan begitu sepatu Anda tidak akan lembap dan bau.

 

19. Cuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu

Dengan mencuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu akan mengurangi perkembangan bakteri pada kaki Anda. Lakukanlah perawatan ini secara rutin.

 

20. Keringkan kaki sebelum memakai sepatu

Sebelum Anda memakai sepatu, pastikan kaki Anda dalam keadaan benar-benar kering. Keringkan lebih dulu bila dalam keadaan basah. Karena bakteri pada kaki suka berkembang biak pada area yang lembap.

 

21. Bila Anda kehujanan: cucilah kaki, kaos kaki, dan sepatu dengan segera.

Bila saat bepergian, Anda tiba-tiba kehujanan. Alangkah baiknya bila segera keringkan atau cuci kaki, kaos kaki, dan sepatu Anda untuk mencegah agar bakteri tidak bisa berkembang biak.

 

22. Jangan menggunakan kaos kaki dan sepatu dalam keadaan basah

Bakteri pada kaki menyukai pada area yang lembap dan basah. Karena itu sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memakai kaos kaki dan sepatu dalam keadaan basah karena itu akan menyebabkan bau kaki Anda jadi semakin menyengat baunya.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan pola hidup sehat

 

24. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Makanan yang mengandung magnesium berfungsi untuk mengendalikan pengeluaran keringat dari tubuh, sehingga proses produksi keringat bisa terkendali dan tidak berlebihan. Contoh makanan bermagnesium tinggi: coklat, alpukat, tahu, ikan, pisang, dan sayuran berwarna hijau gelap.

 

25. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab bau kaki

Makanan seperti rempah-rempah, daging merah, alkohol, kafein, junk food, dapat mengganggu proses produksi keringat pada tubuh Anda, yang akan menjadikan keringat yang menjadi bau. Maka sebaiknya hindarilah makanan-makanan tersebut.

Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading