Sukses

Beauty

Cara Hilangkan Komedo Secara Mudah di Rumah

Fimela.com, Jakarta Komedo memang selalu menjengkelkan. Kemunculannya kerap menjadikan tekstur wajah menjadi kasar. Bahkan komedo juga sering menjadi penyebab utama dari jerawat. Untuk mengatasinya sebenarnya terbilang susah-susah gampang. Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan alami ini yang sering digunakan di rumah.

Komedo sendiri merupakan sebuah benjolan atau papula kecil yang ada pada permukaan kulit. Perlu kamu tahu bahwa komedo juga termasuk dalam jenis jerawat namun yang ringan. Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa terjadi di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. Komedo sendiri terjadi karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo nampak hitam karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara. Oleh karenanya perlu perawatan wajah khusus.

Bila kamu memaksa membersihkannya dengan memencet area yang berkomedo, maka akan menyebabkan luka dan iritasi pada kulit. Apalagi jika memencetnya dengan tangan kotor, luka dan iritasinya akan menjadi lebih parah bahkan menyebabkan peradangan. Bukannya membuat wajahmu tambah bersih, malah membuatnya semakin parah.

1. Gunakan scrub oatmeal

Gandum juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk menghilangkan jerawat whitehead di hidung. Oatmeal mempunyai banyak manfaat bagi kulit karena kandungan lemak dan gulanya. Lemak dan gula polisakarida dari oatmeal dapat membantu melembapkan kulit kering.

Sementara itu, sebuah penelitian terbitan Journal of Drugs in Dermatology tahun 2010 menunjukkan bahwa kandungan avenanthramides dalam oatmeal dapat menghambat senyawa penyebab peradangan yang memicu timbulnya jerawat. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa avenanthramides dalam gandum membantu memerangi antihistamin sehingga membantu mengurangi rasa gatal pada kulit akibat jerawat.

 

2. Gunakan scrub kopi dan gula

Cara menggunakan kopi cukup mudah. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu wajahmu, kemudian siapkan dua sendok makan bubuk kopi. Tambahkan sedikit demi sedikit air bersih ke dalam bubuk kopi hingga membentuk pasta.

Setelah itu, tambahkan satu sendok makan gula pasir. Aplikasikan campuran gula dan kopi tersebut secara merata pada area yang berkomedo. Gosok atau skrub secara perlahan selama dua menit agar komedomu hilang dari wajahmu. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan perawatan ini selama dua kali seminggu.

3. Lemon

Asam sitrat dalam lemon terbukti bisa mengecilkan pori pori sehingga mencegah masuknya kotoran pada wajah. Selain itu, lemon juga mengandung alpha hydroxy yang mampu mengangkat sel kulit mati dan blackhead.

Cara menghilangkan komedo di hidung dan pipi menggunakan lemon sangatlah mudah. Langkah pertama adalah memeras air lemon. Lalu oleskan pada hidung dan area lain yang berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan perawatan dengan buah ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading