Sukses

Beauty

Perawatan Kecantikan Alami Tidak Selalu Efektif, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Bahan-bahan alami selalu jadi alternatif untuk perawatan kecantikan. Memang, kebanyakan waktu bahan-bahan alami tersebut memberi manfaat serupa dengan produk skincare. Tapi rupanya, bahan alami tersebut tidak selalu memberi hasil yang efektif pada kulit.

Masker buah, scrub wajah, toner maupun pelembap yang dibuat sendiri dari bahan alami bisa saja malah memberi dampak buruk pada kulit. Kenapa? Ini beberapa alasannya.

1. Alergi terhadap sebuah kandungan

Kita tak selalu tahu persis apa kandungan pada sebuah bahan yang kita gunakan untuk perawatan kulit, kita juga tak bisa menakar dosis aman dengan tepat. Di situlah adanya celah yang memungkinkan kulit bereaksi negatif.

2. Bahan tidak segar

Meski bahan perawatan kecantikan ini terjamin kealamiannya, pastikan bahan-bahan yang digunakan selalu bahan yang segar. Buah, daun, atau air yang digunakan harus fresh dari sumbernya, dan berhubung bahan-bahan ini tidak mengandung pengawet, tentu saja masa efektivitasnya akan lebih singkat.

 

3. Peralatan tidak bersih

Bahan sudah segar, tapi bisa jadi peralatan tidak bersih. Itu bisa membuat bahan-bahan perawatan kulit alamimu terkontaminasi oleh bakteri dan pada akhirnya menimbulkan reaksi pada kulit.

4. Butuh waktu

Tentu, merawat kulit dengan bahan alami akan memakan waktu lebih lama. Sebab, konsentrasi kandungan bahan aktifnya lebih sedikit dibanding produk-produk skincare yang bisa dibeli langsung dan tinggal pakai. Jadi, jangan harap hasilnya akan terlihat dalam 1-2 kali pakai saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading