Sukses

Beauty

Cari Tahu Apa Itu Fungal Acne dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Masalah jerawat memang jauh lebih kompleks daripada kelihatannya, salah satunya adalah fungal acne. Fungal acne mungkin tampak seperti jerawat kebanyakan, namun sebenarnya jerawat ini disebabkan oleh ragi atau jamur yang menggelembungkan folikel rambut pada kulit dan menyebabkan benjolan seperti jerawat.

Kondisi tersebut secara teknis disebut sebagai pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis. Dilansir dari self.com, Sabtu (20/4/2019), normal jika fungal acne hidup di kulit, namun jika tak terkendali dapat menyebabkan kondisi kulit lainnya, seperti dermatitis seboroik.

Kondisi kulit yang normal, ada keseimbangan antara bakteri dan jamur. Namun jika terjadi sesuatu yang menghilangkan bakteri, jamur bisa tumbuh lebih dari seharusnya, menyebabkan iritasi kulit, peradangan, dan fungal acne.

Antibiotik bukan satu-satunya faktor dalam menyebabkan fungal acne, terkadang kebiasaan diri sendiri juga bisa menjadi penyebabnya, seperti sering mengenakan pakaian ketat. Memiliki kondisi medis tertentu yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh juga bisa membuat kamu lebih rentan terhadap jerawat fungal, seperti diabetes dan HIV.

 

Ciri-ciri fungal acne

Fungal acne biasanya akan muncul berupa benjolan merah dan pustula seragam di bagian dada, lengan atas, dan punggung, serta akan terasa sangat gatal. Lantas, bagaimana cara mengatasi fungal acne?

Sesuaikan dengan gaya hidupmu, seperti segera mandi dan mengganti pakaian setelah olahraga. Atau kenakan pakaian yang sedikit longgar.

Jika mengganti gaya hidup masih tidak membantu, langkah selanjutnya, cobalah pengobatan topikal yang dijual bebas. Biarkan produk tersebut teraplikasi pada kulit selama sekitar lima menit, baru bilas.

Jika gejalanya berlanjut hingga sekitar tiga minggu, kunjungi dokter kulit. Sayangnya, fungal acne masih bisa muncul lagi.

Sebagai tindakan pencegahan, gunakan produk anti jamur sebagai pengganti sabun biasa. Terakhir, kesalahan terbesar dalam mengatasi fungal acne adalah mengiranya sebagai jerawat biasa, karena produk untuk jerawat biasa dapat memperburuk gejala fungal acne, terutama antibiotik.

Saksikan video menarik setelah ini

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Hotel di Jakarta, Bali, dan Surabaya Agar Lebaran Semakin Berkesan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengolah Jengkol Agar Empuk dan Tidak Pahit