Sukses

Beauty

Alasan dan Tips Mengatasi Permasalahan Rambut Kering

Fimela.com, Jakarta Rambut kering bisa berupa ujung rambut yang bercabang, kusut, dan kusam. Sebelum mencari tahu cara mengatasi rambut kering, sebaiknya pahami terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab rambut kering yang paling umum adalah pengaplikasian panas dalam bentuk apapun, seperti pengering rambut, pengeriting, atau pelurus, dan proses kimia. Dilansir dari purewow.com, Rabu (29/5/2019), berikut ini adalah beberapa alasan lain dan cara mengatasi rambut kering.

1. Terlalu sering mencuci rambut

Sisakan satu atau dua hari di antara rutinitas mencuci rambut adalah rentang waktu terbaik untuk membantu mempertahankan minyak alami pada rambut. Minyak alami dapat membantu mencegah kekeringan pada rambut.

2. Pertumbuhan jamur yang berlebihan

Jamur tumbuh paling baik di lingkungan yang kering dan menyebabkan kulit kepala, serta area wajah mengelupas. Jangan khawatir, penyebab yang satu ini dapat diatasi dengan produk perawatan rambut yang tepat.

3. Faktor hormonal

Pil KB, masa kehamilan, dan menopause adalah bentuk perubahan fisiologis dalam tubuh yang dapat memiliki efek buruk pada rambut, seperti kering dan rapuh.

 

 

Smoothing dan paparan sinar matahari

4. Terlalu banyak melakukan smoothing

Terlalu banyak melakukan smoothing dapat membuat rambut dehidrasi. Smoothing berfungsi untuk menghaluskan rambut, namun jika dilakukan terlalu sering, penumpukan protein, seperti keratin dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh. Sebaiknya batasi proses smoothing hanya dua kali dalam setahun.

5. Terlalu banyak terpapar sinar matahari

Paparan sinar UV dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh. Gunakan perlindungan tambahan, seperti topi, hindari keluar ruangan di saat matahari sedang di puncak, dan gunakan SPF pada rambut. Cara ini tidak hanya akan melindungi rambut, namun juga kulit kepala.

Menyisir rambut setelah keramas dan faktor lingkungan

6. Menyisir rambut segera setelah keramas

Rambut paling rentan rusak ketika basah. Tidak hanya menyebabkan rambut kering, namun juga membuat ujungnya rapuh dan batangnya menjadi rusak.

7. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan yang dimaksud di sini adalah perawatan menggunakan bahan kimia dan penataan rambut menggunakan alat pemanas. Konsumsi vitamin untuk mencegah kerusakan rambut dari dalam tubuh.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading