Sukses

Beauty

Apakah Acne Patch Solusi Ampuh Usir Jerawat? Ini Jawaban Dokter Kulit

Fimela.com, Jakarta Tidak dapat dipungkiri lagi jika jerawat menjadi masalah yang sering terjadi pada wajah. Acne Patch atau patch jerawat pun tengah populer sebagai penghilang jerawat.

Sahabat Fimela hanya perlu menempelkan plester bulat mungil pada jerawat, dan diamkan selama beberapa waktu. Cara praktis ini membuat para perempuan memilih patch menjadi penghilang jerawat. Salah satu merek populer patch jerawat adalah Cosrx.

Dr. Hadley King, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, dilansir dari Huffpost, menjelaskan patch ini seperti sticker dengan kandungan hidroloid yang sering digunakan untuk penyembuh luka. Cara kerjanya dengan menyerap cairan berlebihan dan mengeluarkan "serpihan superfisial" dari dalam jerawat.

"Beberapa patch jerawat hanyalah mengandung hidrokoloid tanpa bahan aktif tambahan. Namun, yang lain mungkin mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida, yang bisa membantu mengeringkan jerawat," kata King.

Ahli dermatologi, dr. Deanne Robinson juga mengatakan hidrokoloid adalah sesuatu yang benar-benar menyembuhkan kulit. "Ini semacam menciptakan lingkungan yang akan melindungi kulit dan membantunya sembuh saat bahan aktif masuk," paparnya.

Apakah patch benar-benar berfungsi menghilangkan jerawat?

Saat ditanya apakah patch benar-benar efektif menghilangkan jerawat? dr. Robinson mengatakan ada beberapa manfaat patch.

Kandungan hydrocolloid pada patch membantu mengeluarkan kotoran pada jerawat, yang dapat membantu mengerikan jerawat lebih cepat.

"Mungkin ketika menarik patch, akan terlihat kotoran putih. Itu sama saja seperti ketika memecahkan jerawat," paparnya.

Manfaat lainnya ialah patch yang menempel di jerawat dapat mencegah risiko infeksi serta perubahan warna. Dengan kata lain, peradangan pada jerawat dapat dicegah dengan patch.

"Sebagian kulit di sekitar jerawat juga dapat terlindungi. Sebaiknya gunkana perawatan gel atau krim untuk lebih mudah menerapkan patch," tambahnya.

kedua ahli dermatologi sepakat, patch bisa digunakan untuk jerawat yang lebih kecil yang tidak begitu melekat di bawah kulit pustula dan papula yang umumnya diisi dengan nanah.

"Jika jerawat besar lebih baik lakukan injection dari dokter kulit," tutup dr. King.

Simak video beriku

#Growfearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Mengatasi Jerawat
Artikel Selanjutnya
5 Langkah Sederhana Cegah Jerawat Bisa Dilakukan di Rumah