Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Bibir Gelap untuk Lebih Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan mengeluhkan bibir yang berwarna gelap atau kusam. Hal ini  dirasa dapat mengganggu penampilan. Kamu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bibir gelap secara efektif dan aman, agar kecantikan dan kesehatan bibir tetap terjaga

Salah satu cara menyamarkan bibir gelap dalam waktu yang singkat adalahmengaplikasikan lipstik berwarna merah atau pink ke bibir. Namun, cara ini hanya bersifat sementara, karena begitu lipstik hilang, maka bibir kembali terlihat gelap. Padahal, bibir memiliki pembuluh darah, yang karena tipisnya lapisan kulit bibir memberikan rona pada bibir secara alami.

Bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Ketiadaan dua kelenjar tersebut menjadikan bibir sangat rentan kering dan pecah-pecah. Lama-kelamaan hal ini akan membuat bibir menjadi gelap. Untuk itu Fimela merangkum dari Alodokter, Jumat (27/9/2019), berikut beberapa cara menghilangkan bibir gelap sekaligus cara mencegahnya.

1. Kurangi minuman berkafein

Perubahan warna bibir menjadi lebih gelap bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya yang mungkin tidak disangka-sangka adalah karena sering mengonsumsi minuman panas mengandung kafein, seperti kopi atau teh. Mengurangi frekuensi konsumsi minuman tersebut bisa menghilangkan warna gelap pada bibir.

2. Hindari menggigit dan menjilat bibir

Menggigit dan menjilat bibir terlalu sering juga dianggap bisa membuat bibir berwarna gelap. Tidak ada jalan lain selain menghilangkan kebiasaan buruk ini untuk membuat bibir kembali ke warna semula.

3. Berhenti merokok

Tak hanya menyebabkan munculnya garis-garis kerut pada area sekitar bibir saja, merokok bisa menyebabkan bibir gelap. Hal ini dikarenakan panas dari rokok berpotensi untuk membakar kulit pada bibir. Saat ini terjadi, maka bibir akan terluka dan menimbulkan pigmentasi kulit. Inilah yang menyebabkan perokok memiliki warna bibir yang gelap.

 

4. Lindungi bibir dari sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata juga berpotensi membuat warna bibir lebih gelap dari seharusnya, karena sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir kering, sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap. Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya mulai sekarang rajin mengoleskan tabir surya di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaan lip balm yang memiliki SPF 30 atau lebih.

5. Memeriksa kandungan lipstik yang dipakai

Saat membeli lipstik, perhatikan kandungan lipstik yang tertera di label kemasan. Disarankan untuk menghindari penggunaan lipstik yang mengandung isopalmityl diglycerylsebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol, dan tar batubara. Sebab kandungan tersebut bisa saja menyebabkan terjadinya reaksi alergi pada bibir yang bisa menyebabkan bibir menjadi gelap.

 

6. Memijat bibir

Selain menghindari kebiasaan di atas, mengusir warna gelap di bibir bisa dilakukan dengan cara memijat. Memijat bibir kemungkinan bisa meningkatkan aliran darah ke daerah itu sehingga membuat warnanya cerah. Agar lebih efektif, disarankan memakai minyak almond atau es batu saat memijat.

7. Menghilangkan sel kulit mati pada bibir

Untuk menghilangkan warna gelap di bibir, kamu bisa melakukan scrubbing dengan aman menggunakan gula yang dicampur dengan madu. Lalu, oleskan ke bibir secara merata dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Cara tersebut dapat merangsang produksi kolagen baru pada bibir sekaligus memperlambat proses penuaan pada bibir, sehingga bibir terlihat lebih cerah.

 

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading