Sukses

Beauty

Hati-Hati Efek Samping Minyak Jarak untuk Menumbuhkan Alis

Fimela.com, Jakarta Ada banyak solusi DIY untuk kecantikan bahkan kesahatan tubuh yang mungkin sudah pernah kamu coba. Dan jika kamu adalah penikmat solusi DIY ini, apa telah mendengar tren penggunaan minyak jarak untuk menumbuhkan alis?

Menurut dokter kulit yang berbasis di New York Dr. Doris Day, "Minyak jarak mengandung persentase tinggi asam risinoleat, yang merupakan asam lemak esensial omega-9." ia juga menjelaskan jika minyak jarak mengandung antiinflamasi dan meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Tidak dapat dipungkiri, beberapa orang benar-benar percaya akan hal ini, dan itu membuatnya menjadi rekomendasi bagi mereka yang ingin mendapatkan rambut alis  sempurna. Tapi apakah minyak jarak benar-benar membuat rambut alis tumbuh?

Apa yang terjadi ketika kamu menggunakan minyak jarak di alis setiap hari untuk membuatnya lebih cepat tumbuh? Simak jawabannya berikut ini, yang dirangkum dari thelist.com

Jamé Heskett, dokter holistik dan penulis The Well Path, percaya ada banyak manfaat dari minyak jarak. Tetapi tidak ada penelitian yang mencantumkan pertumbuhan rambut sebagai salah satu manfaatnya.

 

 

Menyebabkan Kerontokan

"Minyak jarak adalah asam lemak trigliserida dari biji tanaman biji jarak," katanya kepada Byrdie. "Ini adalah asam risinoleat, yang cukup langka ditemukan pada tumbuhan."

Namun, sebagai dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di New York, Dr. Joshua Zeichner mengatakan, "Hanya karena sesuatu itu alami, bukan berarti tidak memiliki efek samping."

Sementara Dr. Day percaya minyak jarak dapat membantu pertumbuhan rambut, namun mungkin ada beberapa efek samping yang serius jika kamu menggunakannya pada alis secara teratur. "Tidak ada bukti ilmiah yang dipublikasikan mengenai minyak jarak dan pertumbuhan rambut," katanya kepada Refinery29. 

"Hal itu juga bisa bersifat oklusif, yang dapat meningkatkan kerontokan rambut." Seperti yang sempat ditulis oleh Byrdie, penulis Marie Claire, Sherri Soliman telah mengalami hal ini secara langsung.

Selain menyebabkan rambut rontok, minyak jarak juga berpotensi memperburuk kulit. Jadi, jika kamu tidak ingin mengambil risiko tapi masih ingin mencoba trik DIY ini, kamu harus melakukannya dengan hati-hati.

"Mungkin bermanfaat untuk menerapkannya pada satu alis untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak serta memeriksa iritasi jika terjadi," saran Day.

 

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading