Sukses

Beauty

Konsumsi Biotin, Benarkah Bisa Picu Timbulnya Jerawat?

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi berbagai vitamin untuk kesehatan dan kecantikan kulit memang sangat penting. Selain mengaplikasikan skincare secara rutin, merawat kecantikan dari dalam juga sangat diperlukan. Salah satunya dengan mengonsumsi biotin

Byrdie menulis, vitamin ini bukan hanya baik untuk rambut dan kuku. Tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Ahli kecantikan dan kesehatan kulit  Debra Jaliman, MD, mengatakan kepada Byrdie kalau biotin memiliki peran penting dalam kecantikan dan kesehatan kulit. Enzim yang ada pada kulit sangat bergantung pada biotin untuk memproduksi dan melakukan pembentukan asam lemak yang dibutuhkan kulit. 

Sayangnya, alih-alih memiliki kulit sehat dan mulus, ternyata banyak orang yang mengeluh karena banyak jerawat muncul setelah mengonsumsi vitamin ini. Benarkah biotin memiliki efek samping untuk kulit?

 

Efek Samping Biotin

Ternyata, efek samping biotin yang bisa menimbulkan banyak jerawat belum terbukti secara klinis. Byrdie menulis, para ahli membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek samping biotin ini. 

Namun, bisa saja orang yang cenderung berjerawat justru akan bertambah parah ketika mengonsumsi biotin. Hal ini disebabkan karena jumlah biotin dalam usus melebihi jumlah vitamin B lainnya, khususnya vitamin B5. Hal ini menyebabkan penurunan relatif vitamin B5, yang biasanya dapat membantu mencegah munculnya jerawat. 

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading