Sukses

Beauty

Kandungan Skincare yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan yang sama. Jika salah menggunakan skincare, maka akan membuat kulit menjadi iritasi, atau menimbulkan masalah lain pada kulit.

Untuk menyembuhkan masalah kulit, skincare memiliki kandungan yang berbeda-beda, untuk tiap jenis kulit. Maka sebelum membeli skincare, kenali dulu jenis kulitmu, lalu pilihlah kandungan skincare yang bisa membantu mengatasi masalah kulitmu.

Berikut kandungan skincare yang tepat sesuai dengan jenis kulit:

Kulit Berjerawat

Jerawat adalah masalah kulit paling umum yang dimiliki perempuan. Jerawat ini bisa disebabtkan karena hormon, stres atau kulit yang sensitif.

Kalau Sahabat Fimela memiliki kulit berjerawat, gunakanlah skincare yang mengandung salicylic acid, untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Selain itu gunakanlah skincare yang mengandung sulfur. Karena sulfur memiliki fungsi untuk mengeringkan jerawat, dan juga mengontrol sebum di kulit wajah.

Kandungan mandelic acid juga bisa digunakan sebagai antibakteri, yang bisa menyembuhkan bakteri penyebab jerawat.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki banyak peran untuk kulit, karena bisa membuat wajah tidak mudah keriput. Namun memiliki kulit berminyak merupakan masalah bagi perempuan. Kulit berminyak bisa menyebabkan komedo, pori-pori besar serta jerawat.

Untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, gunakan skincare yang mengandung kaolin clay. Tekstur dari clay bisa menyerap minyak di pori-pori, sehingga kaolin clay bisa membantu mengontrol minyak berlebih.

Selain itu gunakan kandungan beta hydroxy acid atau yang biasa disebut dengan BHA. Kandungan ini sangat cocok digunakan untuk kulit kering cenderung berjerawat. Kandungan BHA juga bisa membantu mengeksfoliasi kulit, sehingga bsia mengangkat sel kulit mati, dan juga membersihkan pori-pori yang terdalam.

Kulit Kering

Kulit kering merupakan kulit yang rentang keriput. Terkadang pada kulit kering juga terlihat garis-garis halus. Pemilik kulit kering juga memiliki kulit yang terlihat kusam. Kulit kering bisa terjadi karena hormon atau perubahan iklim.

Untuk mencegah kulit kering, jangan sering-sering mencuci wajah dengan air hangat. Kandungan yang cocok digunakan untuk kulit kering adalah hydrating toner. Toner ini bisa membantu untuk menghidrasi kulit.

Skincare yang mengandung vitamin E berperan sebagai antioksidan. Sehingga membantu melawan radikal bebas pada kulit kering. Kandungan essencial acid juga bagus digunakan untuk kulit kering. Karena teksturnya bisa melembabkan kulit, dan bisa sebagai antimikroba.

Kulit yang Mengalami Penuaan Dini

Kulit yang mengalami penuaan dini ini bisa diakibatkan karena usia, maupun karena penggunaan makeup yang terlalu sering.

Kulit yang mengalami penuaan dini sangat bagus, jika menggunakan skincare yang mengandung vitamin C. Vitamin C bisa membantu memperbaiki kulit akibat penuaan dini. Retinol juga bagus digunakaan untuk kulit yang mengalami penuaan dini. Karena retinol bisa membantu meningkatkan kolagen kulit. Dan bisa membantu mencerahkan kulit.

Kandungan glycolic acid juga bisa membantu menyamarkan garis halus, yang diakibatkan karena adanya tanda penuaan dini. Namun untuk penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C dan retinol, jangan digunakan secara bersamaan dalam waktu yang sama.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah kulit yang memproduksi minyak berlebih di beberapa area wajah, dan juga memiliki kulit kering di beberapa daerah wajah.

Untuk mengatasi kulit kombinasi bisa menggunakan salicylic acid, untuk membantu mengontrol minyak pada wajah. Kandungan niacinamide juga bagus digunakan untuk kulit kombinasi, karena bisa membantu mencegah inflamasi pada kulit.

Kandungan glycerine juga cocok digunakan kulit kombinasi. Karena glycerine berperan aktif sebagai pelembap, yang bisa melembapkan kulit kering atau iritasi. Selain itu, menggunakan aloe vera juga bisa membantu merawat kulit kombinasi.

What's On Fimela
Loading