Sukses

Beauty

Pengertian dan 3 Cara Mudah Mengatasi Permasalahan Ketombe Basah

Fimela.com, Jakarta Ketombe basah salah satu masalah kulit kepala yang membuat frustasi. Selain gatal, ketombe juga dapat mengurangi percaya diri tentunya. Terletak di bawah kulit kepala adalah kelenjar sebaceous yang memiliki fungsi utama memproduksi sebum minyak alami. Sebum ini akan menjaga rambut dan kulit kepala tetap lembap dan mencegahnya mengalami dehidrasi.

Selain itu sebum juga dapat mengurangi kemungkinan rambut kusut dan mencegah tanda-tanda penuaan muncul. Sayangnya, bila kelenjar ini memproduksi sebum berlebihan, sebum mulai menumpuk di kulit kepala yang menyebabkan kotoran dan sel-selu kulit mati menempel. Akhirnya terbentuklah ketombe basah.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketombe basah? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Pilihan Shampo

Pemilihan shampo sangat penting, jika berketombe pilihlah shampo anti ketombe yang sudah banyak di pasaran.

2. Rajin keramas

Sering mencuci rambut merupakan tips menghilangkan ketombe yang tepat dan efektif. Selain membantu menghilangkan kelebihan minyak, juga mencegah tumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga terhindar dari ancaman gatal-gatal dan infeksi.

 

 

3. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya mengandung enzim pembersihan seperti oksidase, amilase, dan katalase serta vitamin B, C, dan E. Vitamin ini juga mengandung glikoprotein yang mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal. Oleh karenanya, dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, penumpukan minyak, dan timbunan lemak yang menyumbat folikel rambut dan menyebabkan ketombe basah.

Apa yang dibutuhkan?

-3-4 sendok makan gel lidah buaya

-Handuk bersih

-Air Panas

Caranya:

Oleskan gel lidah buaya ke seluruh kulit kepala. Lalu rendam handuk dalam air panas. Setelah itu bungkus kelapamu dengan menggunakan handuk tersebut. Biarkan selama setengah jam.

Kemudian bilas rambut, lakukan secara rutin tiga kali seminggu agar ketombe basah tidak lagi bersarang di kulit kepalamu.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading