Sukses

Beauty

Cara Mudah Mengatasi Komedo Mengganggu Tanpa Alat

Fimela.com, Jakarta Beraktivitas dari rumah saja bukan berarti kamu tidak bisa melakukan perawatan kulit secara rutin. Komedo adalah masalah kulit yang dialami oleh semua orang, apa kamu masih mencari cara terbaik untuk mengatasi masalah komedo?

Melakukan ekstraksi sendiri mungkin terdengar menyenangkan, namun dapat meningkalkan bekas permanen di kulit. Dilansir dari stylecaster.com, Selasa (5/5/2020), ternyata ada cara mudah mengatasi masalah komedo yang mengganggu tanpa alat.

1. Mengidentifikasi masalah

Sebagai permulaan, pastikan bahwa masalah kulitmu benar-benar komedo. Titik-titik kecil yang ada di hidung bisa saja bukan komedo, namun filamen sebaceous.

Filamen sebaceous adalah fungsi normal folikel. Komedo biasanya bertekstur, berwarna hitam, tebal, dan berminyak.

2. Pencegahan

Pencegahan harus menjadi cara pertahananmu terhadap kerusakan kulit, termasuk komedo. Mulailah dengan menggunakan produk pembersih yang lembut untuk eksfoliasi.

 

 

3. Uap

Sebagai ganti alat ekstraksi, uap adalah cara preventif yang lembut untuk kulit. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki masalah melasma atau hiperpigmentasi. Kamu bisa memanaskan air sampai mengeluarkan asap, taruh kepala di atas uap selama 5 menit untuk melembutkan kulit.

4. Tekan ke atas

Ketika melakukan ekstraksi, lakukan dengan tangan yang bersih dan terbungkus tisu atau kapas. Tekan ke arah atas, bukan ke bawah kulit, karena cara yang salah akan berpotensi menyebarkan bakteri di bawah kulit.

5. Menenangkan kulit

Setelah mengekstraksi, membersihkan dan merawat kulit menjadi langkah yang paling penting. Segera bersihkan kuit dengan produk yang mengandung AHA dan BHA sebagai penyeimbang.

6. Menjaga kelembapan kulit

Cara terbaik untuk mencegah munculnya komedo adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin dan menjaga kelembapan kulit. Gunakan produk yang mengandung humektan, seperti asam hialuronat, benzoil peroksida, dan retinol. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading