Sukses

Beauty

6 Cara Melindungi Kulit dari Jerawat dan Kerusakan Saat Mengenakan Masker Kain

Fimela.com, Jakarta Menggunakan masker kain kini telah menjadi sebuah normal baru selama pandemi virus corona. Penggunaan masker sendiri menjadi protokol kesehatan yang wajib dilakukan di seluruh dunia. Untuk menghindari diri dari penyebaran virus corona.

Di sisi lain, menggunakan masker kain secara regular bisa mengakibatkan sejumlah masalah kulit. Terutama pada bagian wajah yang tertutup masker. Seperti garis rahang.

Seperti dilansir dari Purewow pada Minggu (25/4/2020) penggunaan masker kain harus dibarengi dengan perawatan yang bisa melindungi kulit. Bagaimana caranya?

1. Mencuci dan melembapkan

Sebelum mengggunakan masker, pastikan kamu telah mencuci dan melembapkan wajah dengan baik. Ini akan membuat kulitmu tetap bersih dan lembut. Menggunakan masker dalam waktu lama akan membuat kulit iritasi. Pelembap akan melindungi dan memberikan lapisan kulit. Kamu bisa gunakan pelembap dengan formula krim maupun lotion yang ringan.

2. Tetap gunakan sunscreen

Ini menjadi cukup penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ketika menggunakan masker, pastikan kamu gunakan sunscreen dengan bahan dasar mineral. Terlalu banyak sunscreen yang terperangkap di belakang masker bisa berpotensi membuat kulit berjerawat.

3. Tetap gunakan hand sanitizer

Karena tidak terbiasa menggunakan masker kain, bisa jadi kamu akan lebih sering menyentuh wajah untuk memperbaikinya. Sehingga penting untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer. Menyetuh wajah terus menerus juga menstimulasi produksi sebum di kulit dan menyebabkan jerawat.

 

4. Jangan gunakan makeup

Produk makeup cenderung masuk ke pori-pori dan menyumbatnya. Sehingga ketika tetap menggunakan makeup sembari menggunakan masker tentu akan menyebabkan kering yang membuat pori-pori semakin tersumbat.

5. Cuci masker kain secara rutin

Disarankan untuk mencuci masker kain secara rutin sehingga tetap higienis. Mengingat penggunaannya pun dilakukan secara berulang, kamu harus memastikan masker kain terhindar dari bakteri yang menyebabkan segala masalah jenis kulit.

6. Jangan gunakan masker terlalu ketat

Untuk mendapat perlindungan maksimal dari masker, bukan berarti kamu harus menggunakan secara ketat. Justru, menarik masker terlalu ketat bisa menyebabkan memar dan bekas luka.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading