Sukses

Beauty

Sering Menggigit Bibir Sendiri? Ini Cara Menghentikan Kebiasaan Itu

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan menggigit bibir memiliki dua faktor penyebab yang paling umum. Pertama, kamu memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah, sehingga rasanya sangat mengganggu. Bibir yang kering dan pecah-pecah memang sering membuat kita ingin sering menjilatnya atau mungkin menarik kulit keringnya, benar? Namun, cara ini justru akan membuat bibir semakin kering.

Faktor kedua dan cukup menarik adalah kecemasan. Ternyata, bibir erat kaitannya dengan perut dan usus besar, sehingga ketika kamu stres atau merasa cemas berlebihan, kondisi bibirmu juga akan terpengaruh.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan menggigit bibir seperti dilansir dari byrdie.com, Kamis (4/6/2020). Penasaran?

1. Mengidentifikasikan pemicunya

Lain kali ketika kamu mendapati diri sendiri sedang menggigit bibir, coba untuk mengidentifikasi pemicunya. Apa kamu sedang merasa cemas akan sesuatu saat itu?

Alihkan perhatianmu kepada sesuatu yang lain, misalnya cari permen karet. Gula adalah pengalih perhatian yang paling tepat.

2. Mengurangi tingkat stres

Jika pemicunya adalah stres, maka cobalah kurangi tingkatannya. Olahraga dan meditasi bisa sangat membantumu menghentikan kebiasaan menggigit bibir.

 

 

3. Rutin membersihkan bibir

Membersihkan bibir sama pentingnya dengan membersihkan area wajah lainnya. Pastikan kamu menghapus semua sisa lipstik, lip gloss, dan penumpukan polutan atau kotoran sepanjang hari dari bibir.

4. Melakukan pengelupasan

Pengelupasan bibir yang dilakukan secara teratur dapat membantu memperbaiki tekstur bibir yang kasar dan kering.

5. Melembapkan

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memberikan kelembapan alami pada bibir. Selain itu, kamu juga bisa melembapkan bibir secara teratur dengan lip balm yang mengandung vitamin E dan minyak alpukat.

6. Merawat bibir di malam hari

Biasakan untuk mengaplikasikan masker bibir di malam hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit di malam hari. Produk skincare yang digunakan di malam hari cenderung diformulasikan untuk mendukung proses perbaikan alami kulit yang terjadi saat kamu tidur.

7. Gunakan lipstik yang bold

Daripada mencoba menggunakan lip gloss berwarna atau lipstik bernuasa cerah, gunakan lipstik yang bold. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading