Sukses

Beauty

7 Cara Menghilangkan Jamur Kulit yang Membandel

Fimela.com, Jakarta Saat musim pancaroba, tentu saja membuat kulit cenderung lebih mudah berminyak, mudah berkeringat dan terlalu lembap. Perubahan cuaca dapat berpotensi membuah jamur tumbuh di area kulit wajah atau tubuh. Kondisi ini akan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi menurun.

Gejala yang disebabkan karena jamur tumbuh di kulit adalah munculnya bercak putih, ruam pada kulit, gatal dan panas. Kondisi kulit yang seperti ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas harianmu. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga dapat mengalami pertumbuhan jamur di kulit.

Tak perlu khawatir. Jamur kulit ini dapat dihilangkan dengan beberapa cara alami. Berikut cara menghilangkan jamur kulit secara alami:

Jenis Jamur Kulit

1. Dermatofitosis

Dermatofitosis sering juga disebut dengan ringworm. Jamur yang satu ini bisa menyebabkan ruam kulit, dengan ditandai munculnya bentuk lingkaran warna merah yang sangat gatal. Jenis yang satu ini bisa menular, sehingga harus berhati-hati saat bersentuhan dengan orang lain.

2. Kurap Kaki

Kurap kaki sering kali muncul di sela-sela kaki, yang diawali dengan gejala kulit kaki mengelupas, kulit melepuh dan berwarna merah. Jamur ini dapat timbul akibat terlalu sering menggunakan kaos kaki atau sepatu, yang menyebabkan kaki menjadi lembap dan bau.

3. Tinea cruris

Tinea cruris merupakan jamur yang muncul pada lipatan kulit yang lembap, seperti pantat dan area intim. Area kulit yang terinfeksi jamur ini akan memerah dan muncul rasa gatal. Jamur ini dapat muncul kalau terlalu sering menggunakan celana ketat.

4. Kandidiasis Kulit

Jenis jamur candida ini bisa muncul di bagian kulit tubuh. Tetapi paling sering muncul di area tubuh yang lembap seperti ketiak. Jamur ini bisa menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan rasa panas.

Cara Menghilangkan Jamur Kulit

1. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang dipercaya sebagai obat herbal, karena kunyit memiliki sifat sebagai antiinflamasi, antibakteri dan antimikroba. Sehingga bisa membantu menghilangkan jamur kulit, mengatasi peradangan kulit dan mencegah pertumbuhan jamur pada kulit. Cara menggunakan kunyit sebagai obat jamur adalah dengan menghaluskan kunyit, lalu campurkan kunyit dengan minyak kelapa hingga berbentuk pasta, kemudian aplikasikan pada kulit yang terinfeksi jamur.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami, yang kandungannya dapat membantu menutrisi kulit yang terinfeksi jamur, membunuh jamur kulit, mengurangi rasa panas karena peradangan dan membantu menghaluskan kulit. Cara menggunakan minyak kelapa sangatlah mudah, hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di area kulit yang muncul jamur. Gunakan minyak kelapa ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Bawang Putih

Selain terkenal sebagai penyedap rasa, bawang putih juga memiliki kandungan yang bisa membantu menghilangkan jamur kulit. Sifat antibakteri yang terkandung di dalam bawang putih, bisa membantu menghilangkan dan mencegah pertumbuhan jerawat pada kult, serta membantu mengurangi nyeri akibat peradangan. Bawang putih bisa dipotong-potong, lalu dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun, setelah itu aplikasikan pada kulit yang terinfeksi jamur kulit, diamkan selama 2 jam dan bilas hingga bersih.

4. Cuka Apel

Cuka apel ini memiliki rasa yang asam, sehingga kandungan yang terdapat di dalam cuka apel memiliki sifat sebagai antijamur. Manfaatnya untuk menghilangkan jamur kulit, mengatasi gatal, membunuh bakteri jerawat dan membantu mengurangi peradangan. Sahabat Fimela hanya perlu mengoleskan cuka apel ke area kulit yang terinfeksi jamur kulit, lalu ulangi proses ini selama 3 kali dalam sehari, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Cara Menghilangkan Jamur Kulit

5. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau yang biasa disebut dengan tea tree oil, merupakan minyak yang berkhasiat untuk menghilangkan jamur, yang bersifat antijamur dan antibakteri. Minyak ini juga membantu menghilangkan jerawat di kulit, mengurangi peradangan dan membersihkan komedo. Oleskan minyak pohon teh ke area kulit yang muncul jamur. Usahakan mengoleskannya menggunakan kapas.

6. Minyak Oregano

Oregano adalah tanaman herbal yang biasanya dijadikan sebagai penyedap rasa. Oregano memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan antibakteri, sehingga minyak oregano ini bisa digunakan untuk menghilangkan jamur kulit. Sama dengan minyak lainnya, minyak oregano dapat dioleskan secara langsung ke area kulit yang berjamur, lalu diamkan hingga minyak meresap ke kulit.

7. Lidah Buaya

Cara menghilangkan jamur kulit yang terakhir adalah menggunakan lidah buaya. Dari zaman dahulu lidah buaya dipercaya sebagai obat herbal, yang mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti jamur kulit. Sahabat Fimela bisa menggunakan gel dari lidah buaya yang baru saja di potong, lalu aplikasikan ke area kulit yang berjamur, diamkan hingga kering dan bersihkan dengan air dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading