Sukses

Beauty

9 Tips Meminimalisir Tampilan Kantung Mata Hitam

Fimela.com, Jakarta Kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata memang bisa sangat mengganggu penampilan. Sejak usia 25 tahun, produksi kolagen dan elastin akan menurun, menyebabkan kulit menjadi kendor dan bengkak.

Di bawah permukaan kulit, terdapat lapisan yang terdiri dari otot, jaringan ikat, ligamen, dan lemak yang seharusnya berkontribusi pada perubahan yang dapat terlihat secara eksternal. Dilansir dari vogue.com, berikut ini adalah beberapa cara meminimalisir tampilan kantung mata hitam, penasaran?

1. Memeriksa masala kesehatan yang mendasarinya

Banyak masalah kesehatan yang mendasari munculnya kantung mata. Secara khusus, pastikan bahwa fungsi tiroid seimbang dan disfungsi sinus tidak ada masalah.

Kondisi ini menyebabkan peradangan yang bisa bermanifestasi di bawah mata. Carilah pengobatan untuk kondisi yang mendasari munculnya kantung mata adalah langkah pertama yang tepat.

2. Memperbaiki diet

Makanan asin adalah penyebab umum retensi air dan retensi air adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penampilan bagian bawah mata, seperti kantung mata. Suplemen kolagen, makanan kaya vitamin A, dan vitamin C akan sangat membantu mengatasi masalah ini, karena anti inflamasi dan larut dalam air.

 

 

3. Menghindari alkohol

Retensi cairan dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Jika kamu menderita ini, pastikan untuk mengurangi asupan alkohol.

4. Faktor alergi

Banyak orang memiliki alergi dan bahkan tidak menyadarinya. Jika alergi adalah masalahnya, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Istirahat

Istirahat secara umum dapat menurunkan tingkat stres dan tingkat kortisol. Istirahat tidak hanya memberi waktu pada pikiran untuk beregenerasi dan meremajakan diri, namun juga melakukan hal yang sama pada tubuh.

6. Mengelola stres

Tingkat stres dapat mempengaruhi kadar kortisol yang pada gilirannya meningkatkan tampilan dan intensitas bengkak dan kantung bawah mata. Meditasi dan olahraga bisa membantu mengurangi tingkat stres.

7. Tetap terhidrasi

Retensi cairan biasanya lebih menjadi penyebab bengkak di bawah mata, tetap dehidrasi juga bisa berperan. Dehidrasi dapat membuat kantung mata terlihat lebih buruk dengan memperkuat efek garam berlebih, alkohol tinggi, atau kurang tidur.

8. Mempraktikkan kebiasaan berjemur yang aman

Area mata sering diabaikan saat kamu memakai tabir surya. Sinar UVA dan UVB tidak hanya menyebabkan kanker kulit, namun juga bisa menyebabkan munculnya keriput dan penuaan, karena paparan sinar matahari memecah kolagen dan elastin yang menyebabkan kantung mata dan kulit kendur dan bengkak.

9. Menggunakan bahan-bahan dari dapur

Mentimun dingin dapat menjadi kompres anti inflamasi. Atau kantong teh hijau juga bisa menjadi obat efektif untuk membantu menyempitkan pembuluh darah yang akhirnya akan menurunkan kantung mata bengkak.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading