Sukses

Beauty

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam dari Dermatologist Top

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah kering dan kusam masih jadi masalah kecantikan yang belum bisa kamu atasi? Selain mengandalkan produk skincare, kita juga bisa menambahkan proteksi lain dalam rutinitas harian seperti pola makan dan kelembapan suhu udara di rumah 

Berikut beberapa tips dari Dermatologist berbasis di New York Shari Marchbein, M.D., yang memandu untuk mencegah, menenangkan dan mengatasi kulit kering dan kusam melansir dari vogue.com;

 

1. Persiapkan Suhu Udara Kelembapan di Rumah 

Semakin kering udara membuat kulit semakin kering juga. Untuk memaksimalkan jumlah air di udara, Marchbein merekomendasikan peletakkan humifidier di tempat kita paling banyak menghabiskan waktu, seperti kamar tidur.

"Humidifier meningkatkan tingkat kelembapan di udara dan membantu melindungi kulit tetap terhidrasi," katanya.

 

Ubah Diet  

 

Dengan hubungan langsung antara sistem pencernaan terutama usus dan kesehatan kulit, meningkatkan asupan lemak harian dapat membantu mengatasi kulit kering. Marchbein merekomendasikan kacang-kacangan seperti kenari, alpukat, dan minyak zaitun.

"Jangan mengonsumsi alkohol berlebihan, kafein, dan kopi. Karena semuanya merupakan diuretik yang akan menyebabkan dehidrasi dan banyak minum air putih," lanjutnya.

 

 

Menggosok Kulit

Tak peduli berapa banyak serum dan krim yang kamu aplikasikan, kulit kering akan tetap kering tanpa pengelupasan ringan. Para ahli menyarankan untuk mengganti formula lembut dengan pembersih biasa dua hingga tiga kali seminggu. 

Bagi pemilik kulit yang sangat kering, jangan gunakan exfoliator tapi gantilah dengan waslap basah untuk pilihan yang lebih lembut. "Ambil scrub yang lembut dan gosokkan pada wajah. Serum dan pelembap dapat benar-benar meresap dan bekerja saat kulit lembap," tambahnya.

 

 

Oleskan Serum Antioksidan

Selama bebas alkohol, serum antioksidan sempurna untuk penggunaan sepanjang tahun baik musim panas atau hujan. Untuk semakin memperkuat perlindungan kulit, aplikasikan formula vitamin C sebagai lapisan pertama di pagi hari sebelum menggunakan produk yang lebih berat dan jangan lupa tabir surya dengan dosis harian SPF 30 yang akan menjaga kulit baik dalam kondisi hari yang dingin dan mendung.

Ganti Pelembap

Salah satu langkah yang paling penting dan sering diabaikan dalam mengatasi kulit kering adalah dengan mengganti pelembap yang sangat menghidrasi.

"Carilah krim bukan lotion yang dibuat dengan ceramide dan asam hialuronat," ujar Marchbein. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah pecah-pecah parah, boleh menambahkan jumlah pemakaian lebih pada pagi dan malam hari.

Hindari Pembersih yang Keras

Pastikan untuk mencuci muka dengan bahan yang mengandung chamomile atau diformulasikan dengan oatmeal yang lembut. Cleanser tersebut sangat direkomendasikan karena tidak akan menghilangkan minyak alami dari kulit yang secara keseluruhan dibutuhkan dalam memberi kelembapan secara keseluruhan.

Rutinitas Malam Hari

Setiap malam sebelum tidur, cobalah untuk melakukan rutinitas yang akan membuat kulit wajah sehat di pagi hari. Seperti setelah mengoleskan serum dan pelembap, tambahkan juga krim mata di bawah mata dan kelopak mata.

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

What's On Fimela
Loading