Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Usia 30 Tahun

Fimela.com, Jakarta Jerawat sangat identik muncul di usia remaja atau pubertas. Namun saat usia memasuki 30 tahunan, selain mengalami tanda penuaan dini juga bisa rentan terkena jerawat. Kondisi ini akan menyebabkan seorang perempuan merasa kurang percaya diri.

Walaupun usia 30 tahunan cenderung memiliki kulit yang kering, tetapi ada faktor lain yang bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Salah satunya adalah pikiran yang terlalu stres. Karena stres akan memicu munculnya produksi minyak yang berlebihan.

Tentu saja cara mengatasi jerawat untuk usia 30tahunan sedikit  berbeda dengan remaja. Karena di usia 30 tahunan lebih sering menggunakan produk kosmetik dan produksi kolagen lebih sedikit. Berikut cara mengatasi jerawat yang muncul diusia 30tahun:

Penyebab Jerawat Di Usia 30 Tahunan

Jerawat bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Faktor utama penyebab jerawat adalah karena perubahan hormon, apalagi hormon perempuan lebih sering berubah-ubah daripada lelaki. Saat perempuan memasuki usia 30 tahunan, hormon yang berubah akibat menstruasi dan hamil juga memicu munculnya jerawat.

Selain hormon, penyebab jerawat saat usia memasuki 30 tahunan yaitu pikiran yang terlalu stres. Berbeda dengan usia remaja, usia 30tahunan biasanya memiliki banyak pikiran mulai dari pekerjaan, finansial, keluarga dan masalah hidup lainnya. Kalau pikiran stres, insulin di tubuh akan meningkat dan memicu produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Penyebab jerawat yang lainnya adalah terlalu sering menggunakan kosmetik. Kemudian lupa membersihkan riasan wajah juga bisa jadi faktor utama munculnya jerawat. Pola makan yang kurang sehat juga bisa memicu munculnya jerawat di usia 30 tahunan.

Kandungan Skincare untuk Menyembuhkan Jerawat di Usia 30 Tahun

Saat memasuki usia 30tahunan, kulit wajah cenderung lebih kering dan mengalami tanda-tanda penuaan dini. Contohnya yaitu hilangnya elastisitas kulit, muncul flek hitam, kulit menjadi keriput muncul garis-garis halus di wajah. Namun, usia 30tahun juga bisa mengalami masalah jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang muncul di usia 30 tahunan, kamu bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan bahan aktif hyaluronic acid, salicylic acid, glycolic acid, lactic acid, niacinamide, benzoyl peroxide dan retinol. Kandungan ini akan membantu memproduksi kolagen di kulit. Kemudian gunakan juga kandungan salicylic acid, glycolic acid dan lactic acid.

Kandungan tersebut bisa membantu mengeksfoliasi kulit wajah, yaitu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mengontrol produksi minyak di wajah. Ada baiknya mengkombinasikan kandungan tersebut, agar bisa digunakan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengeringkan jerawat, mengatasi peradangan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Sahabat Fimela harus menggunakan skincare yang tepat untuk menghilangkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul Diusia 30 Tahun

1. Melakukan Double Cleansing

Karena sering menggunakan produk kosmetik, kamu harus mencuci wajah dengan metode double cleansing. Gunakan cleansing balm atau cleansing oil untuk mengangkat kosmetik dan kotoran di wajah. Kemudian cuci wajah dengan facial foam yang memiliki kandungan salicylic acid.

2. Menggunakan Toner

Setelah mencuci wajah, kamu bisa menggunakan toner yang mengandung AHA dan BHA, yang berfungsi untuk mengeksfoliasi wajah. Gunakan toner eksfoliasi ini seminggu 2 kali. Selain menggunakan toner eksfoliasi, gunakan hydrating toner yang berfungsi untuk menghidrasi dan melembapkan wajah dengan kandungan hyaluronic acid.

3. Menggunakan Serum

Serum adalah salah satu produk skincare yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Sehingga mudah diserap pori-pori dan mempercepat penyembuhan jerawat. Serum bisa digunakan setiap hari setelah pengaplikasian toner.

4. Menggunakan Pelembap

Penggunaan pelembap sangat penting untuk menyembuhkan jerawat. Karena pelembap bisa melindungi skin barrier agar tidak mudah rusak dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini di kulit dan jerawat. Fungsi pelembap juga bisa membantu mengontrol minyak dan meningkatkan produksi kolagen.

5. Menggunakan Tabir Surya

Cara mengatasi jerawat diusia 30 tahunan yang terakhir, yaitu dengan menggunakan tabir surya saat pagi dan siang hari. Tabir surya berguna untuk mengunci skincare, melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencerahkan kulit wajah. Ulangi penggunaan tabir surya setiap 4 jam sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading