Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Sampo Anti Ketombe Dibawah 30ribuan dan Kenali Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut

Fimela.com, Jakarta Setelah sehabis keramas tetapi kulit kepala terasa gatal dan kering, bisa saja kamu mengalami masalah rambut berketombe. Tentu saja ketombe bisa mengganggu penampilan. Karena muncul serpihan kulit berwarna putih dan kuning yang terlihat di rambut.

Ketombe ini disebabkan karena salah memilih produk sampo. Selain itu, jika Sahabat Fimela memiliki alergi tertentu, maka akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan ketombean. Kurang bersih saat keramas juga bisa menjadi penyebab ketombe.

Ada beberapa produk sampo yang bisa digunakan, untuk membantu menghilangkan ketombe. Pastikan untuk melakukan perawatan rambut dengan rutin. Berikut rekomendasi sampo anti ketombe dengan harga dibawah 30ribuan, dan beberapa penyebab ketombe:

 

Penyebab Ketombe

1. Dermatitis Seboroik

Ketombe adalah masalah rambut yang sering dialami oleh perempuan atau laki-laki. Penyebab paling utama ketombe adalah dermatitis seboroik. Penyakit kulit ini merupakan peradangan pada kulit kepala, yang menyebabkan kulit kepala kering, kemerahan dan mengakibatkan munculnya ketombe.

2. Tidak Bersih Saat Mencuci Rambut

Munculnya ketombe di rambut ditandai dengan ditemukannya serpihan kulit kepala yang kering, berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan. Kondisi ini bisa disebabkan karena kurang bersih saat membilas sampo, atau karena terlalu jarang mencuci rambut. Sehingga menyebabkan penumpukan kotoran dan sel kulit mati di rambut yang mengakibatkan ketombe.

3. Malassezia sp

Ketombe di rambut juga bisa disebabkan karena adanya malassezia sp, yang merupakan salah satu jamur hidupnya di kulit kepala. Jamur ini bisa tumbuh di kulit kepala, saat kondisi kulit kepala sangat lembap, lalu kulit mengalami peradangan dan membuat kulit menjadi bersisik. Kemudian jamur ini akan menyebabkan ketombe.

4. Kulit Kering

Kondisi kulit kepala kering, bisa menyebabkan munculnya ketombe di rambut. Karena sel kulit mati di kulit kepala mengelupas akibat peradangan dan gatal. Rawatlah kulit kepala agar tidak kering dan perhatikan kandungan sampo yang digunakan.

5. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyebab ketombe, yang disebabkan karena kulit kepala terlalu sensitif. Kondisi ini juga disebabkan karena tidak cocok dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut. Hindari produk-produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia.

 

 

Cara Memilih Sampo Anti Ketombe

Beberapa produk sampo memiliki kandungan yang bisa menghilangkan ketombe. Namun ada juga kandungan yang justru akan memicu munculnya ketombe. Parahnya lagi, kesalahan memilih kandungan sampo akan membuat peradangan di kulit kepala dan mengakibatkan masalah rambut lainnya.

Untuk mengatasi ketombe di kulit kepala dan rambut, kamu bisa menggunakan sampo yang memiliki kandungan amino acid, piroctone olamine salicylate, glycyrrhizic acid, ketoconazole, cyclopirox dan pyrithione. Kandungan ini bisa melawan jamur dan penyebab ketombe lainnya.

Hindari penggunaan sampo yang mengandung alkohol, parfum, silikon dan kadar detergen yang tinggi. Karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan menimbulkan ketombe. Cucilah rambut setiap 3 kali seminggu dan rutinlah menggunakan masker rambut penghilang ketombe.

Rekomendasi Sampo Anti Ketombe

1. Head & Shoulders Menthol Dingin

Rekomendasi sampo yang pertama adalah Head & Shoulders Menthol Dingin, yang dijual dengan harga sekitar Rp 30ribuan, yang memiliki kandungan asam amino. Kandungan mentol yang terdapat di dalam sampo ini, bisa membuat kulit kepala dingin dan aman digunakan untuk kulit berminyak.

2. Sunsilk Hijab Recharge Refresh & Anti Dandruff Shampoo

Bagi pengguna hijab, sering kali mengalami masalah ketombe karena kulit kepala lembap. Untuk mencegah ketombe, gunakan sampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh & Anti Dandruff Shampoo, yang diperkaya dengan kandungan ZPTO (zinc pyrithione), untuk mencegah perkembangan jamur di kulit kepala. Sampo ini dijual dengan harga sekitar Rp 20ribu.

3. TRESemme Scalp Care Shampoo

Rekomendasi sampo anti ketombe yang selanjutnya yaitu TRESemme Scalp Care Shampoo, yang diperkaya dengan vitamin E dan antioksidan. Sehingga membuat rambut tetap sehat, berkilau dan lembut. Sampo ini termasuk dalam sampo medicated yang bisa membasmi jamur. Harga sampo ini sekitar Rp 26ribu.

4. Pantene Shampo Anti Dandruff

Pro-vitamin dan asam amino yang terdapat di dalam produk Pantene Shampo Anti Dandruff, sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya ketombe di kulit kepala. Sampo yang dijual dengan harga sekitar Rp 25ribu ini juga bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok.

5. Dove Dandruff Care Shampoo

Rekomendasi sampo yang terakhir adalah Dove Dandruff Care Shampoo, yang diperkaya dengan kandungan zinc pyrithione dan micro moisture serum, yang membuat rambut bebas ketombe dan tetap lembut. Sampo ini dijual dengan harga sekitar Rp 15ribu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading