Sukses

Beauty

5 Manfaat Masker Daun Mint untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Fimela.com, Jakarta Daun mint adalah tanaman herbal yang terkenal sejak zaman dahulu. Daun mint memiliki manfaat yang bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit. Bahkan daun mint bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Daun mint sering disajikan sebagai minuman yang segar, seperti koktail, mocktail, es teh dan lain sebagainya. Karena daun mint bisa membuat rasa minuman menjadi lebih lezat. Tetapi daun mint juga bisa diolah menjadi masker untuk mempercantik wajah.

Daun mint diperkaya dengan kandungan vitamin, yang bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri. Sehingga daun mint sangat populer di dunia kecantikan. Berikut manfaat daun mint untuk wajah, dan cara membuat masker daun mint yang mudah:

 

Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat

Daun mint juga memiliki aroma yang menenangkan dan menyegarkan. Sifat antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalam daun mint, sangat membantu dalam proses penyembuhan jerawat. Daun mint bisa mempercepat keringnya jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat.

2. Mencerahkan Kulit Kusam

Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari, bisa mengalami hiperpigmentasi dan menjadi kusam. Kandungan antioksidan di dalam daun mint, bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan dapat mengembalikan pigmen kulit menjadi lebih cerah.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Menggunakan daun mint sebagai masker, bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Karena daun mint memiliki tekstur yang kasar, yang bisa dijadikan sebagai eksfoliator yang membersihkan pori-pori tersumbat. Eksfoliasi juga akan membuat tekstur kulit menjadi lembut.

4. Mengatasi Mata Panda

Memiliki mata panda sangat umum terjadi diusia 20 tahun keatas. Karena mata panda adalah salah satu tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Mata panda ini terjadi karena kantong mata membesar dan menggelap, karena sirkulasi darah di area mata tidak lancar. Antioksidan dan sifat antiinflamasi di dalam daun mint, mampu mengatasi mata panda yang mengganggu penampilan.

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat daun mint yang terakhir, yaitu bisa membantu menajaga elastisitas kulit yang mengalami penuaan dini. Karena daun mint memiliki kandungan asam salisilat yang bisa membantu mengontrol produksi minyak alami di kulit.

Cara Membuat Masker Daun Mint

1. Daun Mint dan Madu

Daun mint dapat diolah menjadi masker dengan campuran madu, yang bisa menjaga kelembapan kulit. Cara membuat masker ini sangat mudah, yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun mint dengan madu secukupnya hingga menjadi pasta, lalu aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

2. Daun Mint dan Timun

Perpaduan daun mint dan timun, bisa membantu mengatasi peradangan dan menghidrasi kulit. Cara membuatnya dengan menghaluskan daun mint dan timun, lalu oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Daun Mint dan Air Mawar

Air mawar memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan pH kulit, melembapkan kulit, mengatasi inflamasi kulit serta membantu mengontrol minyak, sehingga cocok digunakan untuk membuat masker daun mint. Caranya dengan haluskan daun mint dengan air mawar dan aplikasikan pada wajah, diamkan selama beberapa menit dan bilas.

4. Daun Mint dan Kunyit

Masker daun mint yang dicampur dengan kunyit, bisa membantu mengatasi jerawat dan peradangan kulit. Kamu bisa menghaluskan daun mint dan bubuk kunyit, dengan diberi sedikit air hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan di wajah dan tunggu hingga 15 menit.

5. Daun Mint dan Oatmeal

Mencampur daun mint dengan oatmeal, bisa membantu membersihkan pori-pori, menghilangkan komedo dan mempercepat regenerasi kulit. Cara membuatnya dengan menghaluskan daun mint dan oatmeal, lalu campurkan madu secukupnya dan aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading