Sukses

Beauty

Tips Makeup Menggunakan Lipstik Matte Agar Bibir Tidak Kering dan Pecah-Pecah

Fimela.com, Jakarta Lipstik matte menjadi primadona dikalangan jenis lipstik lainnya. Pasalnya, lipstik satu ini memiliki hasil akhir yang lebih intens dan bebas kilap. Tak hanya itu, tampilan bibir matte juga cocok untuk dikenakan sehari-hari dan tidak terlihat menor.

Hasil yang lebih intens tersebut dikarenakan lipstik matte mengandung banyak lilin dan pigmen, serta lebih sedikit minyak. Namun, hilangnya minyak tambahan ini justru membuat keseluruhan tekstur lipstik lebih kering dan memungkinkan mengendap di celah-celah bibirmu. Sehingga, membuat bibir terasa lebih kering dan pecah-pecah. Tak jarang, hasil akhirnya pun malah menggumpal di bibir.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Dikutip dari Bustle, berikut ini trik menggunakan lipstik matte agar bibir tidak kering dan terlihat pecah-pecah.

1. Pilih lipstik matte dengan formula yang tepat

Selain mempertimbangkan warnanya, Anda juga harus melakukan riset formulanya. Meskipun lipstik matte didesain memiliki efek pengeringan secara keseluruhan, tetapi tidak semua jenis lipstik tersebut diformulasikan dengan bahan yang sama.

Agar bibirmu tidak cepat crack saat mengapliakasikan lipstik matte, pilihlah lipstik dengan bahan pelembab seperti minyak jojoba atau vitamin E. Bahan-bahan ini akan membuat bibirmu sehat dan lembap seharian.

2. Lakukan eksfoliasi sebelum dan sesudah

Bukan hanya kulit wajah, eksfoliasi juga dibutuhkan untuk area bibir. Eksfoliasi berfungsi menghilangkan kulit mati agar menjadikan bibir tetap lembap, halus, dan tak pecah-pecah.

Jika tekstur bibir halus dan rata, maka formula pada lipstik matte pun bisa menempel dengan baik dan tidak akan pecah atau bahkan menggumpal di bibirmu. Maka dari itu, eksfoliasi merupakan tahap penting yang tak boleh dilewatkan.

Lakukanlah eksfoliasi sebelum dan sesudah pemakaian lipstik. Ini diperlukan karena kandungan minyak yang sedikit membuat lipstik mudah mengendap di celah-celah bibir.

Sementara untuk eksfoliasi bibir, gunakanlah produk lip scrub atau kamu juga bisa menggunakan bahan alami dari campuran madu nih. Cara membuatnya sederhana, campurkan gula dengan minyak zaitun dan madu, lalu pijat lembut bibir selama kurang lebih 1-3 menit, kemudian bilas hingga bersih. Perawatan ini akan melihat bibir yang terasa lebih kenyal dan lembut.

2. Tambahkan pelembap

Setelah melakukan eksfoliasi bibir, pelembap juga menjadi salah satu rangkaian yang tak boleh terlewatkan. Pelembap berguna untuk mengembalikan kondisi bibirmu menjadi lembut setelah melakukan pengelupasan kulit mati.

Kamu bisa menggunakan produk lip balm favorit atau mengoleskan minyak alami, seperti minyak argan pada bibir. Namun, hindari lip balm dengan bahan-bahan seperti asam hialuronat dan gliserin ya, sahabat Fimela. Sebab, formula tersebut justru akan membuat bibirmu terasa lebih kering.

Pastikan juga agar tidak menambahkan terlalu banyak kelembapan. Menggunakan pelembap yang berlebihan hanya akan merusak tampilan lipstik matte pada bibirmu.

 

3. Gunakan lip primer

Cara terbaik untuk mempertahankan tampilan matte pada bibir tanpa harus mengurangi kelembapannya adalah dengan mengoleskan primer ke permukaan bibir. Menggunakan primer bibir yang menghidrasi akan menjaga lipstik matte tetap di tempatnya dan menjaganya dari kekeringan.

Selain itu, primer bibir juga tidak hanya berkerja untuk menjaga kelembapan, tetapi juga akan membuat warna lipstik menjadi lebih berani pada bibirmu. Sehingga akan membuat tampilan bibir dengann lipstik matte jadi lebih maksimal.

Penggunaan lip primer juga disarankan untuk bibir yang cenderung lebih gelap. Sepap, lip primer bisa menghilangkan garis halus pada bibir dan membuat lipstik jadi terlihat lebih merata.

4. Biarkan bibirmu istirahat

Setelah menggunakan rangkaian produk perawatan, salah satu cara menjaga bibirmu agar tetap sehat ialah dengan membiarkannya beristirahat. Jika menggunakan lipstik matte setiap hari, maka bibir akan kehilangan kesempatan untuk memulihkan diri.

Oleh karena itu, batasi penggunaan lipstik matte untuk sehari-hari. Sebagai gantinya gunakanlah produk dengan bahan yang lebih ringan dan memungkinkan bibirmu untuk bernapas, seperti lip balm. Gunakanlah lip balm berwarna agar membuat penampilan tetap segar dan lembap seharian.

 

5. Gunakan lip mask setiap malam

Pengolesan lip balm terkadang tak cukup untuk menghidrasi bibirmu. Karena itu, tambahkan perawatan ekstra dengan menggunakan masker bibir atau lip mask.

Lip mask bekerja menjaga kelembapan dan memberikan nutrisi agar bibirmu tetap lembap dan sehat. Masker ini juga berfungsi menghilangkan garis-garis halus sebagai pertanda penuaan dini yang muncul pada bibir.

Selain itu, penggunaan lip mask secara rutin juga bisa mengembalikan warna pink alami pada bibirmu lho. Cara mengaplikasikannya sederhana, gunakan lip mask favoritmu dan biarkan semalaman. Dengan begitu bibirmu akan siap menangani lipstik matte berikutnya

Penulis: Hilda irach

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips Makeup dengan Korean Look yang Simpel dan Natural
Artikel Selanjutnya
Makeup Praktis Seperti Melukis untuk Refresh Wajah Setelah Seharian WFH