Sukses

Beauty

11 Foundation Tebaik untuk Kulit dengan Masalah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum, jerawat adalah permasalahan kulit yang kerap dialami oleh orang-orang. Sering kali jerawat menyebabkan kemerahan dan noda-noda pada kulit yang tentu dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Noda dan kemerahan tersebut pastinya bisa ditutupi dengan menggunakan produk-produk makeup, seperti foundation. Tetapi, alih-alih mendapat kulit yang mulus, pemilihan foundation yang salah justru dapat membuat kulit berjerawatmu semakin parah. Terutama untukmu yang memiliki kulit sensitif dan acne-prone.

Menurut Mona Gohara, seorang profesor klinis di Yale School of Medichine, departemen dematologi, dan Ginger King seorang ahli kimia kosmetik, menyebutkan salicylic acid adalah bahan utama yang harus ada dalam formula foundation. Sebab, bahan aktif ini berguna untuk serum dan perawatan jerawatmu. Ini juga membantu retexturize dan meratakan warna kulitmu tanpa harus menyumbat pori-pori di wajah.

Selain itu, Gohara juga menyebutkan, hyaluronic acid , kafein, vitamin C, dan vitamin E sangat bagus untuk kulit acne-prone. Pasalnya, bahan-bahan tersebut bersifat anti-inflamasi dan melawan radikal bebas yang bisa berpotensi merusak kulit.

Sementara formula khusus yang harus dihindari menurut King adalah myristyl myristate, yakni suatu emolien lilin yang ditemukan di beberapa alass bedak. Tetapi secara umum, "Apa pun yang berat seperti petrolatum, minyak mineral, dan lanolin, berpotensi menyumbat pori-pori." tambahnya.

Lantas apa saja foundation untuk kulit acne prone? Dikutip dari allure dan berbagai sumber lain, berikut ini adalah rekomendasi 11 foundation terbaik yang bisa merawat permasalahan jerawat.

1. Uoma Say What?! Foundation

Foundation satu ini sangat direkomendasikan untukmu yang memiliki kulit berjerawat. Bahkan, Uoma Say What?! Foundation menjadi pemenang Best of Beauty Award 2020.

Tersedia dalam 51 warna, Uoma memiliki banyak varian warna mulai dari warna gelap hingga paling terang. Jadi Anda tak perlu khawatir mencari shade yang sesuai untuk kulitmu.

Selain itu, formula foundation ini tahan lama dan akan memberikan hasil akhir yang matte intens di wajahmu. Dia juga bisa meminimalkan munculnya pori-pori besar dan garis-garis halus.

Uoma mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak wolly thistle dan ekstrak teh putih. Di sisi lain, foundation ini juga dibubuhi ekstrak tomat yang bisa mencerahkan kulit dan ekstrak raspberry merah yang menghidrasi untuk mengatasi kulit kusam. Untuk harganya sendiri, foundation ini ditaksir seharga US$ 39 atau setara dengan Rp 544 ribu.

2. Clinique Even Better Refresh Hydrating and Repairing Makeup

Diformulasikan dengan salicylic acid menjadikan clinique sebagai foundation yang aman untuk kulit dengan masalah jerawat. Foundation ini juga direkomendasikan untukmu yang memiliki kulit bertekstur.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Clinique Indonesia (@cliniqueindonesia)

Clinique's Even Better Refresh Hydrating and Repairing Makeup menggabungkan perlindungan penuh dengan manfaat perawatan kulit. Bahan aktif lainnya adalah hyaluronic acid yang bisa mencegah produksi minyak berlebih.

Selain itu, foundation ini juga dapat meminimalkan kemungkinan riasanmu creasing. Harga foundation itu sendiri ditaksir senilai US$ 32 atau setara dengan Rp 447 ribu.

3. M.A.C Pro Longwear Nourishing Waterproof Foundation

Foundation satu ini menjadi produk makeup yang tak pernah ketinggalan dalam tas makeup para penata rias. Pasalnya, MAC Pro Longwear Foundation diformulasikan untuk bebas minyak, tahan keringat, tahan luntur dan nyaman dipakai pada kulit hingga 36 jam.

Mengandung soudium hyaluronate yang secara alami terdapat di kulitmu. Tak hanya itu, kandungan kafein yang kaya antioksidan bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Untuk harganya sendiri, foundation ini ditaksir seharga Rp 503 ribu.

 

4. Lancôme Teint Idole Ultra Wear

Untukmu yang memiliki kulit sensitif, foundation satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Kandungan bahan aktif di dalamnya akan memberikan perlindungan penuh untuk kulit dan bisa merawat kulit yang berjerawat.

Lancôme Teint Idole Ultra Wear hadir dalam 50 varian warna. Sehingga tak perlu khawatir tak menemukan warna yang cocok untuk kulitmu.

Selain itu, formula oil-free ini juga dikemas dengan perlite dan silica untuk menyerap minyak berlebih dan mattify. Produk satu ini dibanderol seharga US$ 47 atau setara dengan Rp 656 ribu.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Lancôme Official (@lancomeofficial)

5. Tom Ford Traceless Soft Matte Foundation

Traceless Soft Matte Foundation milik Tom Ford menambahkan kelembapan yang cukup termasuk hyaluronic acid dan vitamin E ke dalam formula mattifying dengan cakupan yang sedang. Hasilnya, kamu dapat menjalani hari tanpa khawatir foundation akan mengering atau mengendap dengan tekstur kulit yang tidak rata.

Bahan-bahan kaya antioksidan seperti kafein dan vitamin C dapat menetralkan radikal bebas, memperbaiki sel kulit yang rusak, dan mencerahkan flek hitam. Harga foundation ini mencapai US$ 88 atau setara dengan Rp 1,2 juta.

6. Fenty Beauty Pro Filt'r Soft Matte Longwear Foundation

Setiap tetes dari Fenty Beauty Pro Filt'r Soft Matte Longwear Foundation ini sangat berharga. Selain warnanya yang bervarian, cara kerjanya dengan kulit berminyak dan rentan berjerawat sungguh luar biasa.

Bahkan, satu pump foundation ini akan cukup untuk menutup kemerahan dan warna kulit yang tidak merata di seluruh wajahmu tanpa perlu menggunakan concealer. Jadi tak perlu khawatir terlihat dempul, karena foundation ini memberikan hasil akhir yang natural. Untuk harganya sendiri, foundation ini ditaksir seharga US$ 34 atau setara dengan Rp 476 ribu.

7. Giorgio Armani Power Fabric Foundation

Meraih Penghargaan Kecantikan Terbaik pada tahun 2017, Power Fabric Foundation Giorgio Armani telah mendapatkan pujian tinggi dari penata rias profesional.

Faktanya, foundation ini full coverage, bisa menutupi noda, kemerahan, dan flek hitam. Kabar baiknya, foundation ini tak terasa berat dan akan benar-benar menyatu dengan kulitmu. Bahkan, Anda tak perlu menggunakan setting powder lho. Harganya sendiri mencapai US$ 64 atau setara dengan Rp 894 ribu.

8. L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Liquid Longwear Foundation

Para beauty vlogger kerap kali merekomendasikan L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Liquid Longwear Foundation. Bukan tanpa alasan, foundation tahan lama hingga 24 jam.

Foundation ini juga memberikan hasil akhir demi-matte yang tidak terlalu terlihat datar maupun berkilau. Sehingga akan membuat kulitmu tampak sehat dan natural.

Tersedia dalam 28 warna, foundation satu ini menjadi pemenang di Reader's Choise Award dengan kategori alas makeup terbaik untuk kulit.

 

9. Neutrogena SkinClearing Liquid Makeup

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Neutrogena (@neutrogena)

 

Foundation bebas minyak didukung oleh 0,5 persen salicylic acid untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu merawat kulit berjerawat.

Menariknya, foundation ini memberikan hasil akhir yang halus, ringan, dan dapat dengan mudah meluncur di atas tekstur kulit yang tidak rata. Harganya juga cukup terjangkau yaitu US$ 11 atau setara dengan Rp 153 ribu.

10. Maybelline New York Fit Me Matte + Poreless Foundation

Dengan formulanya yang ringan, foundation satu ini cocok untuk dipakai sehari-hari. Formula ultra-light weight dan micro-powdernya bisa menyerap minyak berlebih untuk hasil akhir matte dan full coverage yang tahan lama hingga 24 jam.

Produk ini juga bisa menutupi pori-pori besar, menutupi flek hitam, hingga menyamarkan warna kulit yang tidak merata. Sehingga tak perlu khawatir untukmu yang memiliki masalah bekas jerawat atau kulit bertekstur.

Tersedia dalam 26 warna, Maybelline fit me juga memiliki beragam size mulai dari tube besar, tube mini, hingga sachet lho.

Tentunya harganya sangat affordable yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Namun, usahakan untuk membeli shade beberapa tingkat lebih terang dari kulit mu, karena foundation ini akan mengalami oxidasi yang membuat kulitmu menjadi lebih gelap.

11. bareMinerals Blemish Rescue™ Salicylic Acid Loose Powder Foundation 

Alas bedak berbahan dasar mineral dari bareMinerals adalah pilihan tepat untuk kulit yang rentan berjerawat. Biasanya foundation hadir dalam bentul liquid atau cair, sedangkan bareMinerals Blemish Rescue™ Salicylic Acid Loose Powder Foundation bertekstur bubuk tabur yang kecil kemungkinannya untuk menyumbat pori-pori secara tidak sengaja.

Mengandung acne-fighting salicylic acid, protein gandum yang dapat meredakan iritasi, dan phytosphingosine yang dapat melawan bakteri.

Penulis: Hilda

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Solusi Mudah Hilangkan Bulu di Tubuh hingga Jerawat dengan Satu Alat Berteknologi IPL
Artikel Selanjutnya
Atasi Jerawat dan Bekasnya, Resep DIY Masker Tepung Beras dan Kunyit