Sukses

Beauty

11 Kebiasaan Perempuan yang Membuat Tubuh Bugar

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela tahukan jika tubuh sebenarnya tak hanya sehat saja, melainkan harus bugar. Sebab sehat berarti secara fisik, mental, dan sosial tidak memiliki keluhan penyakit atau gangguan. 

Sementara bugar berarti mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan lebih daripada itu tanpa kelelahan berlebihan. Menjadi bugar bukanlah angka dalam timbanganmu atau terlihat memiliki tubuh yang kurus. 

Tapi kebiasaan ini akan membuat tubuhmu bugar, teutama bagi perempuan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya, melansir theeverygirl.com.

1. Mencari kesenangan dalam olahraga

Ketika olahraga jangan menjadi tekanan, justru sahabat Fimela harus menemukan kegembiraan dalam olahraga. Jadi lakukan dengan keinginan, bukan karena harus melakukannya agar tidak ada rasa keterpaksaan. 

2. Berpikir tentang apa yang harus dimakan daripada apa yang tidak boleh dimakan

Budaya diet telah mengajari kita untuk berfokus pada apa yang tidak boleh dimakan: produk tanpa lemak, diet rendah karbohidrat, atau label "tanpa tambahan gula".  Alih-alih mengkhawatirkan apa yang tidak boleh dimakan, perempuan yang ingin selalu bugar justru bersemangat dengan makanan yang dimakan, seperti salad segar, hidangan vegetarian yang lezat, dan smoothie yang menyegarkan. Menikmati hal yang nyata alih-alih membatasi atau makan berlebihan.

3. Tetap aktif bergerak

Perempuan yang selalu bugar tidak membatasi aktivitas pada sesi olahraga 60 menit atau waktu di gym.  Sebaliknya, perempuan menjalani gaya hidup yang lebih aktif secara keseluruhan. Misal jalan kaki atau mondar-mandir di ruang keluarga sebelum tidur untuk mencapai 10.000 langkah.

Lebih banyak bergerak dan lebih sedikit duduk.  Coba tambahkan lebih banyak gerakan non-olahraga ke dalam hidup.  Bisa sering mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, berdiri saat bekerja untuk peregangan, mencoba berkebun, lebih sering membersihkan rumah, berjalan ke mana pun kalian bisa, atau melakukan peregangan sambil menonton TV.

4. Istirahat cukup

Perempuan yang selalu bugar tahu bahwa kunci kesehatan adalah keseimbangan, bukan kesempurnaan.  Tubuh membutuhkan pemulihan sebanyak yang dibutuhkan untuk bergerak, jadi manfaatkan hari-hari istirahat. Lakukan peregangan santai jika merasa tegang atau mandi untuk melemaskan otot dan menenangkan pikiran. 

Selain itu, memprioritaskan tidur adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk tubuh.  Detoksifikasi rutinitas tidur dengan mengikuti jadwal, melakukan rutinitas malam hari yang menenangkan, dan menyempurnakan lingkungan tidurmu.

5. Tidak pernah merasa terlalu lapar atau terlalu kenyang

Banyak kita berpikir bahwa makan lebih sedikit merupakan hal yang baik, perempuan yang bugar tahu bahwa tubuh seharusnya tidak pernah merasa kekurangan atau lapar sampai kita merasa lemah atau "kelaparan".  Merasa terlalu lapar menghentikan kita untuk menjadi intuitif tentang apa yang diinginkan tubuh dan membuat pilihan berdasarkan apa yang benar-benar kita nikmati.  Juga, makanan bukanlah musuh tapi itu energi.  Dan tubuh membutuhkan banyak energi hanya untuk bertahan hidup, apalagi untuk berolahraga, mengejar anak-anak, atau mengadakan pertemuan berturut-turut sepanjang hari. 

 Jika merasa lapar segera setelah makan, coba tambahkan lebih banyak serat dengan sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian.  Bawalah camilan bergizi setiap saat jika merasa lapar, dan pertimbangkan salad untuk makan sore hari atau camilan dengan beberapa sayuran jika jeda antara makan siang dan makan malam terasa terlalu lama.

Di sisi lain, makan berlebihan hingga merasa “kekenyangan” bisa membuat kita merasa lesu, mual, dan mengganggu pencernaan.  Cobalah makan dengan lebih hati-hati dan mengunyah lebih lambat, sehingga sadar saat tidak lagi menikmati makanan dan hanya makan karena itu ada di depanmu.  Selain itu, berhati-hatilah saat makan bahkan saat tidak lapar.  Ini mungkin karena kebosanan, emosi, atau stres, jadi beri makan dirimu dengan cara lain jika menemukan mengidam yang tidak ada hubungannya dengan isyarat lapar.

6. Mendengarkan tubuh daripada melakukan diet iseng

Diet iseng tidak pernah berkelanjutan. Faktanya, fad diet tidak ada untuk perempuan yang selalu sehat.  Sebaliknya, metode makan adalah gaya hidup, bukan diet.

Tahu makanan mana yang membuat tubuh enak dan mana yang membuat mereka lesu atau mual.  Rahasia menjadi sehat berasal dari dalam, bukan dari sumber eksternal seperti pola makan trendi atau rencana makan.  Tubuh sudah tahu apa yang dibutuhkan untuk menjadi sehat;  kalian hanya perlu mendengarkannya.

7. Minum banyak air

Air adalah kekuatan hidup tubuh, dan tetap terhidrasi sangat penting untuk setiap organ, sel, dan sistem di dalamnya agar sehat.  60 persen tubuh manusia terbuat dari air, jadi kita dapat membantu lebih dari separuh fungsi tubuh hanya dengan tetap terhidrasi.  Tak heran jika perempuan yang selalu bugar terus-menerus minum air. 

8. Menjaga rutinitas 

Tahukah bahwa menjaga kebugaran adalah rangkaian dari kebiasaan sederhana, yang artinya perempuan yang selalu bugar tahu cara menciptakan kebiasaan, lalu mengubah kebiasaan tersebut menjadi rutinitas.  Kebiasaan berguna karena tidak perlu memperdebatkan apakah akan menindaklanjuti setiap kebiasaan sehat atau tidak. 

Rutinitas juga membantu karena memberikan konsistensi, bahkan pada hari-hari tersibuk.Rutinitas pagi dan malam hari yang ditentukan juga penting untuk kehidupan yang sehat secara keseluruhan karena itu mengatur seluruh harimu untuk sukses.

9. Membuat hidup menarik

Mungkin kebiasaan kesehatan yang paling diremehkan adalah secara konsisten mencoba hal-hal baru.  Orang yang paling sehat tahu bahwa rahasia umur panjang adalah tetap tertarik dan tertantang. Berarti mencoba latihan baru dan bereksperimen dengan resep baru, mencoba hal-hal baru di luar rutinitas bisa dicoba untuk kesehatan dan kebugaran.  \

Kedengarannya murahan, memiliki semangat untuk hidup tidak hanya membuat bahagia, tetapi juga membuat  termotivasi.  Saat merasa lelah di siang hari, itu mungkin pertanda bahwa  belum melakukan cukup banyak hal yang menyalakan api di dalam dirimu.  Tetap penasaran, coba hal baru, dan habiskan lebih banyak waktu untuk mengejar minat, hobi, dan hal yang disukai. 

10. Tahu apa yang pantas didapatkan

Orang yang percaya diri memiliki kesempatan yang lebih baik untuk tetap bugar (bukan sebaliknya) karena kepercayaan diri sebenarnya hanya masalah menepati janji kepada diri sendiri.  Membangun kepercayaan diri ketika dirimu secara konsisten menunjukkan hal-hal yang ingin ditunjukkan. 

Dan ketika mencintai diri sendiri, dirimu makan, bergerak, dan hidup dengan cara yang memberi makan dan merawat tubuh, dan bukan karena hukuman, kesadaran diri, atau kebencian.  Pencapaian bukanlah ukuran atau angka;  ini tentang memberi tubuh alat untuk merasakan yang terbaik karena pantas mendapatkannya.

11. Berfikir positif

Untuk membuat tubuh bugar, pikiran positif pun dibutuhkan. Karena pikiran yang berlebihan atau negatif akan membuat stres hingga depresi yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading