Sukses

Beauty

Urutan Menghilangkan Komedo dengan Skincare Pagi dan Malam

Fimela.com, Jakarta Munculnya komedo di wajah bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa kepercayaan diri. Komedo adalah salah satu masalah kulit yang sering muncul di wajah yang berminyak. Produksi minyak yang berlebih bisa membuat pori-pori tersumbat.

Komedo termasuk jenis jerawat non inflamasi, yang biasanya muncul di area hidung, dahi, dagu, punggung, dada, leher, lengan dan pundak.

Komedo ini bisa dihilangkan dengan menggunakan skincare yang tepat. Urutan pengaplikasian skincare ini juga harus dilakukan dengan benar, agar hasilnya lebih optimal. Berikut urutan menghilangkan komedo dengan skincare pagi dan malam, dilansir dari berbagai sumber:

 

Skincare untuk Menghilangkan Komedo

Ada banyak produk skincare yang bisa digunakan untuk merawat masalah kulit, salah satunya adalah skincare yang digunakan untuk menghilangkan komedo. Sebenarnya skincare untuk menghilangkan komedo ini tidak jauh beda, dengan skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak. Skincare yang bisa menghilangkan komedo adalah skincare yang mengandung bahan aktif berikut ini:

Niacinamide

Skincare yang mengandung niacinamide bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Sehingga minyak yang menyumbat di dalam pori-pori akan berkurang. Skincare dengan kandungan niacinamide, biasanya terdapat di dalam produk toner, serum dan pelembap.

Retinol

Kandungan retinol di dalam produk skincare, memiliki sifat sebagai eksfoliator yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, yang tersumbat di dalam pori-pori wajah. Retinol ini sering terdapat di dalam serum dengan konsentrasi yang tinggi. Kamu bisa menggunakan produk ini seminggu maksimal 3kali di malam hari.

AHA dan BHA

Kandungan alpha hydroxy acids atau AHA dan beta hydroxy acids atau BHA, adalah kandungan yang bisa mengeksfoliasi kulit, mengontrol produksi minyak dan membantu mengecilkan pori-pori. Kandungan ini sering terdapat di dalam facial wash, toner dan serum.

Urutan Skincare Pagi

1. Cleanser

Urutan penggunaan skincare di pagi hari yang pertama, yaitu menggunakan cleanser berupa facial wash dengan tekstur gentle atau foam, yang bisa membantu menyeimbangkan pH kulit wajah, dan membersihkan kulit wajah dari skincare malam.

2. Exfoliating Toner

Urutan yang kedua adalah menggunakan exfoliating toner. Jenis toner ini memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa mengangkat komedo yang mengganggu di wajah. Penggunaan toner ini dilakukan maksimal seminggu 3 kali, agar tidak mengiritasi wajah.

3. Serum

Untuk mencegah munculnya masalah kulit lainnya dan mencegah komedo, kamu bisa menggunakan serum setelah toner. Usahakan untuk menggunakan serum yang sifatnya hidrasi, untuk membuat wajah tetap terhidrasi setelah melakukan eksfoliasi dengan toner.

4. Moisturizer

Agar wajah tetap lembap, gunakan moisturizer atau pelembap setelah serum. Skincare ini berfungsi untuk mengontrol produksi minyak, mencerahkan wajah dan melembapkan tekstur kulit.

5. Sunscreen

Urutan yang terakhir adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya, dengan kandungan UV Protection minimal SPF 30 PA+++. Sunscreen bisa membantu melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari atau radikal bebas, dan mencegah munculnya komedo hitam.

Urutan Skincare Malam

1. Double Cleansing

Setelah beraktivitas seharian, gunakan teknik double cleansing untuk membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan micellar water, cleansing oil atau cleansing balm untuk mengangkat riasan dan kotoran di wajah. Kemudian bersihkan lagi dengan facial wash untuk mengembalikan pH kulit.

2. Exfoliating Toner

Exfoliating toner juga bisa digunakan di malam hari, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dari minyak, sel kulit mati, sisa makeup dan mengecilkan pori-pori. Gunakan seminggu 3 kali saja.

3. Clay Mask

Untuk mengontrol produksi minyak di wajah, menyerap kelebihan minyak di wajah dan mengangkat komedo, kamu bisa menggunakan masker jenis clay. Clay mask ini terbuat dari tanah liat seperti kaolin atau bentonit.

4. Serum

Setelah membilas clay mask, kamu bisa menggunakan hyrating serum, untuk menghidrasi kulit, mengunci kadar cairan di kulit dan mencerahkan wajah dengan konsentrasi yang tinggi.

5. Moisturizer

Urutan yang terakhir adalah moisturizer. Skincare ini membantu menjaga kulitmu semalaman, agar tetap lembap, mengontrol produksi minyak dan memperbaiki skinbarrier.

Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang justru membuat komedo semakin parah, bahkan memicu munculnya jerawat meradang di wajah.

Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan komedo semakin parah, yaitu sering memencet komedo dengan tangan. Di permukaan tangan terdapat banyak bakteri, jadi kalau memencet komedo dengan tangan bisa membuat komedo infeksi dan kulit iritasi.

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan terlalu manis juga bisa memicu munculnya komedo di wajah. Karena makanan tersebut mengandung gula dan tinggi lemak, yang meningkatkan produksi minyak dan keringat di dalam kelenjar lapisan kulit.

Kebiasaan buruk lainnya, yaitu jarang membersihkan makeup, jarang berolahraga, kurang mengonsumsi air putih, tidur begadang, merokok, mengonsumsi obat-obatan tertentu dan lain sebagainya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi yang Harus Segera Diatasi
Artikel Selanjutnya
15 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Diet, Cocok Dikonsumsi Sehari-hari