Sukses

Beauty

5 Cara Membiasakan Rambut untuk Lebih Jarang Dicuci

Fimela.com, Jakarta Bagaimana caranya membiasakan rambut untuk lebih jarang keramas? Tahukah kamu bahwa cara yang tepat justru dapat menyelamatkan rambut dari ujung bercabang dan secara umum, menjaga rambut tetap berkilau dan sehat.

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting, lebih sedikit mencuci rambut berarti mengakhiri siklus kekeringan. Satu hal yang perlu diingat sebelum memulai adalah menyesuaikan jadwal penggunaan sampo.

Kanvas rambut setiap orang berbeda dan begitu pula gaya hidup. Sebelum mempertimbangkan saran apapun, perhatikan bahwa yang paling penting adalah memperhatikan kondisi rambutmu sendiri dan lakukan apa yang terbaik untuknya, seperti dilansir dari bustle.com.

Kesalahpahaman yang sangat umum adalah bahwa orang yang memiliki rambut berketombe atau kulit kepala kering harus jarang mencuci rambut mereka. Justru karena ketombe disebabkan oleh penumpukan produk, kamu harus lebih sering mencucinya.

1. Pilih produk sampo yang digunakan dengan cerdas

Penting untuk memilih produk yang tepat untuk mencuci rambutmu. Menggunakan formula yang tidak terlalu ideal dapat menghilangkan minyak alami dan sehat pada rambut, mengarah pada efek kebalikan dari apa yang dicari.

Ini akan menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak dan saat itulah rambut mulai terlihat berminyak. Sebagai permulaan, ketahui apa yang harus dihindari, seperti sampo yang mengandung sulfat atau polietilen glikol yang merupakan senyawa berbasis minyak bumi.

Selain itu, jangan gunakan produk yang mengandung paraben, pewarna sintetis, dan wewangian sintetis. Banyak dari bahan-bahan itu menghilangkan minyak alami rambut, mengubah warna rambut, dan menimbulkan masalah sensitivitas pada kulit kepala.

 

 

2. Menjaga kelembapan rambut

Cari produk yang akan melembapkan rambut tanpa membebaninya. Kelembapan penting untuk semua jenis rambut, yang berarti kamu harus memilih produk dengan bahan seperti minyak biji tsubaki dan minyak biji padang rumput, bukan minyak kelapa atau minyak argan yang lebih berat.

Baik rambut halus atau keriting, minyak adalah cara bagus untuk menambah kelembapan. Cara terbaiknya adalah mengoleskan sedikit minyak ke ujung rambut.

3. Gunakan produk perpanjangan

Dry shampoo dapat membantu memperpanjang waktu di antara hari-hari keramas, terutama untuk kamu yang ingin rambut lebih lurus. Untuk rambut keriting, gunakan produk yang menyegarkan. Gunakan dry shampoo pada saat rambut kering dan bersih untuk membantu mencegah minyak berlebih.

4. Memilih bahan

Perhatikan handuk, sarung bantal, dan aksesori rambut yang kamu gunakan saat mencoba menghindari keramas. Handuk kasar dapat membuat rambut kasar dan patah.

Untuk mengurangi intensitas keramas, gunakan bahan sutra dan satin. Tidur di atas sarung bantal sutra adalah cara bagus untuk melawan rambut kusut.

Teksturnya yang halus berarti lebih sedikit gesekan dengan helai rambut. Ini juga berlaku untuk ikatan rambut, gunakan ikat rambut sutra atau satin untuk memperpanjang waktu keramas.

5. Menyisir rambut

Sisir atau sikat rambut lebih sering. Menyikat rambut dengan sikat berbulu ganda akan menggerakkan minyak alami yang sehat ke bagian bawah rambut, membuat rambut lebih kuat dan bersinar.

Ini juga berarti menekan sebagian minyak yang dapat membuat rambut terlihat berminyak dan perlu segera dicuci. Pastikan sisir atau sikat yang kamu gunakan bersih.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Mudah Atasi Permasalahan Rambut Bercabang dengan Menggunakan Minyak Zaitun
Artikel Selanjutnya
Rambut Sehat dengan Perawatan Sederhana Andalkan Espresso dari Ethiopia