Sukses

Beauty

6 Kesalahan Memakai Masker yang Membuat Kulit Wajah Iritasi dan Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Menggunakan masker wajah memang memiliki banyak keuntungan, selain sensasinya yang segar dan menenangkan, kandungan nutrisi di dalamnya bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal dan bercahaya.

Kendati demikian, pemakaian masker wajah yang sembarangan bisa membuat hasilnya menjadi tidak maksimal. Bahkan, bisa membuat wajah menjadi iritasi, kemerahan, hingga berjerawat.

Menurut ahli dermatologi, terdapat beberapa kesalahan pemakaian masker wajah yang harus dihindari karena berpotensi merusak kulit. Berikut ini selengkapnya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidak membersihkan wajah

“Kesalahan paling umum yang dilakukan wanita saat menggunakan masker wajah di rumah adalah tidak mengaplikasikannya pada kulit yang bersih,” kata Caroline A. Chang, ahli dermatologi bersertifikat di East Greenwich, Rhode Island, dikutip Parade.

Membersihkan wajah sebelum menggunakan masker adalah tahap penting yang tak boleh terlewatkan. Cara ini bisa mengangkat lapisan kulit mati, sehingga bahan-bahan di masker wajah dapat terserap sepenuhnya ke dalam kulit.

2. Mencuci wajah dengan face wash setelah menggunakan masker

Kebanyakan orang berpikir bahwa sebaiknya menggunakan face wash atau pembersih wajah setelah menggunakan masker. Padahal hal ini bisa membuat masker wajah tidak bekerja secara efisien.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah sebelum mengaplikasikan masker wajah agar kulit dan pori-pori benar-benar bersih.

 

 

3. Membilas wajah setelah menggunakan sheet mask

Dalam hal sheet mask, masker lembaran ini mengandung bahan aktif dalam formulasi yang seharusnya dibiarkan di kulit, bukan dibilas sembarangan. Setelah melepas masker, tepuk-tepuk wajah dengan lembut hingga kering untuk menghilangkan cairan berlebih.

“Cara ini memberi kulit Anda kesempatan untuk menyerap sebanyak mungkin manfaat dari bahan-bahannya," kata Chang.

4. Tidak mencuci tangan sebelum mengaplikasikan masker

Tak dapat dipungkiri, terdapat banyak bakteri di tangan kita yang berpotensi menyebabkan penyakit infeksi. Karena itu, cucilah tangan sebelum mengaplikasikan masker.

“Sebab, tangan yang kotor bisa mengurangi kemanjuran masker, atau berkontribusi pada reaksi merugikan dalam bentuk infeksi atau reaksi alergi, terutama jika Anda menggosok masker ke wajah Anda,” kata Kenneth, ahli dermatologi yang berbasis di New York.

5. Membiarkan masker terlalu lama di wajah

Apakah kamu sering membiarkan masker terlalu lama di wajah sampai benar-benar mengeras? Kebiasaan ini sebaiknya dihindarkan, sebab menurut ahli dermatologi, Tsippora Shainhouse, hal ini bisa membuat kulit menjadi iritasi hingga berjerawat.

“Ketika bahan-bahan tertentu mengering, bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kulit gatal dan meradang.” kata Shainhouse. Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran pemakaian yang terdapat di label. Umumnya, masker akan efektif jika hanya dibiarkan selama 10 hingga 15 menit saja.

6. Menggunakan formula yang terlalu keras untuk jenis kulit Anda

Penting untuk memilih masker dengan bahan-bahan yang sesuai dengan jenis kulit kita. Hal ini dilakukan guna mencegah kulit menjadi iritasi, gatal, kemerahan, hingga jerawat.

Jika kamu mengetahui bahan-bahan yang menyebabkan masalah pada kulit, pastikan untuk menghindarinya untuk mencegah iritasi kulit di masa mendatang.

 

*Penulis: Hilda Irach.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Fungal Acne: Bagaimana Cara Mengenali dan Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Cerita Ayla Dimitri Keluar dari Masalah Jerawat di Awal Umur 30 Tahun