Sukses

Beauty

Telinga Peri, Tren Operasi Plastik yang Digemari Anak Muda China

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu tahu tokoh film Tinkerbell? Bentuk telinga runcing yang dimiliki peri tersebut biasanya mengacu pada cacat lahir. Namun hal ini justru menjadi tren operasi plastik di kalangan anak muda China.

Melansir dari South China Morning Post telinga peri sebenarnya telah menjadi salah satu prosedur operasi plastik yang populer pada generasi pasca 2000-an. Namun kini kembali menjadi tren kecantikan di tahun 2021.

Yu Wenlin, seorang dokter spesialis otoplasti di Pusat Kosmetik Medis Gaoshang di Guangzhou mengatakan bahwa motivasi yang mendasari di balik kegemaran operasi plastik telinga peri adalah keyakinan bahwa hal itu akan membuat wajah terlihat lebih ramping dan lebih muda.

“Memiliki telinga yang lebih menonjol entah bagaimana membuat seseorang seperti anak kecil. Kalau melihat anak kecil, saat usianya sekitar enam tahun, telinganya sudah 90 persen ukuran orang dewasa, tapi wajahnya pasti di bawah proporsi ini,” jelas Yu.

Yu menambahkan, beberapa orang ingin telinganya diubah karena tidak terlihat jika dilihat dari depan, yang memang membuat wajah tampak lebih besar, atau karena tidak bisa menyelipkan rambut ke belakang,

Rela mengantre

Mylike Medical Cosmetic, adalah salah satu penyedia layanan bedah domestik berbasis di Shanghai yang mengalami lonjakan permintaan telinga peri. Kendati demikian, banyak pelanggan yang rela mengantre untuk mendapatkan prosedur tersebut.

Yu mengatakan bahwa dia terkadang melakukan hingga enam operasi telinga peri sehari. Dalam istilah medis, telinga peri disebut juga sebagai telinga Stahl dan telinga yang menonjol.

Deformitas telinga Stahl terdiri dari lipatan tulang rawan ekstra di bagian skafa telinga, yang menghasilkan bentuk telinga yang runcing. Telinga yang menonjol adalah telinga yang menonjol lebih dari 2 cm dari sisi kepala, yang di Cina secara tradisional dianggap sebagai simbol keberuntungan.

Memiliki risiko masalah kesehatan

Ada dua metode umum untuk mendapatkan tampilan ini. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan sepotong bahan buatan atau tulang rawan dari bagian tubuh lain ke area belakang telinga atau menyuntikkan asam hialuronat.

Namun, Wang Jiangyun, seorang ahli bedah kosmetik di The Third People's Hospital di Zhengzhou, di provinsi Henan, China tengah, memperingatkan bahwa ada risiko infeksi, sikatriks, dan telinga yang berakhir asimetris saat menambahkan tulang rawan ekstra, dan infeksi, alergi, bekuan darah dan kulit. nekrosis saat menggunakan asam hialuronat.

“Aku berani mengatakan bahwa setelah hiruk-pikuk 'telinga peri' ini, akan ada pasukan pencari kecantikan yang meminta untuk mendapatkan telinga asli mereka kembali, seperti 'hidung selebriti online', 'kelopak mata lipat ganda ala Eropa', dll. yang dulunya sangat populer,” katanya.

“Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan bahwa barang-barang modis menjadi jelek. Jadi saya sarankan orang lebih rasional tentang ini,” tambahnya.

Yu mengatakan popularitas telinga elf mengejutkannya. Namun, dia setuju bahwa kegilaan akan berlalu dengan cepat, jadi dia akan menolak mereka yang meminta untuk memotong bagian tulang rawan agar terlihat persis seperti elf di film, karena tidak ada jalan untuk kembali dalam kasus seperti itu.

“Sebagai dokter kita harus mempertimbangkan pasien dalam jangka panjang. Banyak anak-anak yang memintanya secara impulsif.” katanya.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading