Sukses

Beauty

15 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Fimela.com, Jakarta Merubah penampilan menjadi lebih enak dipandang, rasanya tidak akan cukup menarik perhatian, jika badan masih mengeluarkan bau tidak sedap. karena bau badan tidak sedap, bisa mengganggu penampilan, mengganggu orang lain dan menurunkan rasa percaya diri.

Secara umum, bau badan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Hominis yang hidup di kulit. Selain itu, bau badan juga bisa disebabkan karena metabolisme tubuh yang kurang baik, akibat mengonsumsi makanan yang kurang bergizi atau memiliki kandungan yang membuat bau badan tidak sedap.

Tentu saja cara menghilangkan bau badan yang paling umum dilakukan adalah mandi sehari 3 kali, mengganti pakaian secara rutin dan menggunakan parfum. Namun, Sahabat Fimela juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi, yang bisa membantu menghilangkan bau badan maupun bau mulut. Berikut cara menghilangkan bau badan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Penghilang Bau Badan

1. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau badan yang pertama, yaitu rajin mengonsumsi jeruk nipis. Jeruk nipis bisa menghilangkan bau badan karena memiliki kandungan asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat dan kalori. Jeruk nipis hangat dapat dikonsumsi setiap pagi hari.

2. Apel

Apel adalah buah yang kaya akan karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalium dan lain sebagainya, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan apel memiliki senyawa yang mirip dengan detergen alami. Sehingga mengonsumsi apel setiap hari bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan meghilangkan bau tubuh.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau bisa membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Karena sayuran memiliki kandungan klorofil dan antioksidan, yang bisa membantu membuat bau badan jadi netral. Sayuran yang bisa dikonsumsi setiap hari seperti bayam, selada air, kangkung dan lobak.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan termasuk makanan yang bisa membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Kacang-kacangan memiliki kandungan yang tinggi serat, sehingga bisa membantu mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh, dan penyebab bau badan tidak sedap karena makanan bisa hilang.

5. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu yang bisa membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Kandungan bakteri baik yang ada di dalam yogurt, bisa membantu menurunkan kadar sulfit, yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap.

Makanan Penghilang Bau Badan Selanjutnya

6. Daun Mint

Cara menghilangkan bau badan tidak sedap yang selanjutnya, yaitu mengonsumsi daun mint yang dicampurkan dengan daun parsley. Kedua daun ini memiliki kandungan sebagai antibakteri, sehingga bisa membuat aroma tubuh menjadi lebih wangi.

7. Ikan

Ikan memiliki daging yang berwarna putih, yang diperkaya dengan kandungan protein dan vitamin, yang bisa membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Ikan yang dapat dikonsumsi adalah ikan nila, salmon, tuna, tongkol dan lain sebagainya.

8. Cuka Apel

Selain dijadikan bahan untuk merawat kesehatan kulit, cuka apel juga bisa membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Cuka apel ini bisa dikonsumsi dengan campuran air yang sesuai. Cuka apel ini memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap di tubuh.

9. Daun Kemangi

Sering kali daun kemangi disajikan dalam bentuk lalapan. Daun kemangi mentah yang sudah dicuci bersih ini, bisa dikonsumsi setiap pagi dan malam hari, untuk membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Karena daun kemangi memiliki kandungan senyawa antiseptik yang bisa membunuh bakteri.

10. Timun

Timun juga termasuk lalapan yang bisa membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Karena timun memiliki kandungan  vitamin A, vitamin C, vitamin K dan mineral, yang kaya akan kandungan air.

Minuman Penghilang Bau Badan

11. Teh Hijau

Teh adalah minuman yang kaya akan antioksidan, yang bisa membantu menghilangkan racun penyebab bau badan di dari dalam tubuh. Selain mengonsumsi teh hijau, kamu juga bisa mengonsumsi teh hitam atau teh bunga melati, yang berfungsi untuk membuat aroma tubuh menjadi wangi.

12. Temulawak

Temulawak adalah rempah yang bisa diolah menajdi minuman. Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri, sapomin dan flavoinoida yang menghilangkan bau badan tidak sedap. Cara mengonsumsi temulawak cukup mudah. Kamu bisa memarut temulawak dan mengonsumsi air perasannya dicampur dengan madu.

13. Bunga Cengkih

Bunga cengkih juga termasuk minuman rempah-rempah, yang dipercaya bisa membantu menghilangkan bau badan. Kamu bisa merendam bunga cengkih di air panas, lalu konsumsi air ini secara rutin sehari dua kali.

14. Jahe

Minuman penghilang bau badan yang selanjutnya adalah jahe. Jahe memiliki kandungan minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit, yang bisa membunuh bakteri penyebab bau badan tidak sehat. Jahe bisa diolah menjadi wedang jahe dan dikonsumsi secara rutin.

15. Jeruk Purut

Cara menghilangkan bau badan yang terakhir, yaitu dengan meminum air perasan dari jeruk purut. Sama seperti jeruk nipis, jeruk purut yang diperkaya dengan vitamin A dan vitamin C ini, bisa menetralkan bau badan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
29 Kutipan Anne Frank Penulis Novel The Diary of a Young Girl
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Wajah Bengkak secara Tiba-tiba saat Bangun Tidur yang Perlu Diwaspadai